Punah Satu Abad, Laba-Laba Ini Muncul Kembali

Willy Haryono    •    Selasa, 16 Jun 2015 16:28 WIB
satwa
Punah Satu Abad, Laba-Laba Ini Muncul Kembali

Metrotvnews.com, Weymouth: Spesies laba-laba yang dikira punah sejak lebih dari satu abad lalu di Inggris muncul kembali. 

Makhluk berkaki delapan yang dianggap sudah hilang dari dunia ini pada tahun tragedi kapal Titanik, terlihat di Danau Radipole dekat Weymouth, Inggris. 

Para pemburu serangga dari RSPB yang menemukan laba-laba itu mengidentifikasinya sebagai Hypsosinga heri, spesies yang terakhir terlihat di Inggris pada 1912. 

Penemuan ini sudah terjadi beberapa bulan lalu, namun baru diumumkan pada Senin (15/6/2015). Hypsosinga heri lainnya banyak terlihat sejak kembali muncul, tapi tidak ada satu pun yang berjenis kelamin jantan.



"Sara Cookson, Jacqui Rayner dan saya sedang dalam tahap terakhir observasi kupu-kupu ketika itu, dan kami melihat seekor laba-laba berwarna sangat terang di atas bunga," tutur Allan Neilson dari RSPB, seperti dilansir Mirror.co.uk

"Saya mengambil gambarnya, memeriksa buku panduan dan mengirimkannya ke forum Spider Recording Society untuk meminta identifikasi. Cukup lama, tapi akhirnya laba-laba itu terkonfirmasi sebagai Hypsosinga heri," tambah dia. 

Allan dan rekan-rekannya masih mempertanyakan ketiadaan Hypsosinga heri jantan. Mereka khawatir jika pejantannya hanya ada sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali, eksistensi Hypsosinga heri bisa benar-benar menghilang dari muka bumi. 



(WIL)

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

1 hour Ago

KPK hingga saat ini terus mengusut terkait kasus korupsi pengadaan proyek KTP-el. Sejumlah…

BERITA LAINNYA