Samsung Bangun Pabrik untuk Tingkatkan Proporsi Kandungan Lokal

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 16 Jun 2015 16:35 WIB
samsung
Samsung Bangun Pabrik untuk Tingkatkan Proporsi Kandungan Lokal
SAMSUNG GALAXY S6, (Puspa Perwitasari, ANT)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) membangun pabrik perakitan telepon selular yang pertama di Indonesia. Pembangunan pabrik ini untuk meningkatkan skala produksinya dan komposisi komponen lokal dari total produk.

Vice President Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia Lee Kang Hyun mengatakan pabrik ponsel Samsung ini telah memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 20 persen. Dia mengharapkan porsi TKDN bisa meningkat pesat pada dua tahun mendatang.

"Kita inginkan TKDN 30 persen pada 2017. Saat ini sudah mencapai 20 persen," tuturnya di Jakarta, Selasa (16/6/2015). 

Peningkatan TKDN akan dilakukan secara bertahap dengan menggandeng industri komponen ponsel yang ada di Indonesia. Lanjut dia, produsen ponsel yang datang dari Korea Selatan ini juga telah membangun research and development (R&D) di Indonesia, sehingga ada alih teknologi.

"R&D, ini masih perakitan tapai bertahap akan tingkatkan TKDN. Tahap kedua akan dipercepat. Ini karena padat teknologi," sebut dia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan adanya kelanjutan perkembangan produk dengan dibangunnya pabrik pertama Samsung di Indonesia.

"Kami harapkan berlanjut pada tahapan awal yaitu proses perakitan dalam bentuk Semi Knock Down (SKD), akan berlanjut dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) dan juga bentuk Surface Mount Technology (SMT)," ungkap Saleh. (MTVN/Arif Wicaksono) 


(ABD)