Kepolisian Rote Sita Barang Bukti Uang Suap Australia

Palce Amalo    •    Selasa, 16 Jun 2015 16:51 WIB
imigran gelap
Kepolisian Rote Sita Barang Bukti Uang Suap Australia
Sejumlah pencari suaka yang terdampar di Rote pada Minggu (31/5) lalu, tiba di pelabuhan Tenau Kupang, NTT, Selasa (2/6/2015). Antara Foto / Kornelis Kaha

Metrotvnews.com, Kupang: Kepolisian Resor Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, menyita uang tunai USD5000 atau setara Rp66 juta yang diberikan pejabat imigrasi Australia kepada kapten dan lima kru kapal pengangkut pengungsi. 

Uang suap diberikan Australia agar kapten memutar balik kapalnya ke Indonesia. 

"Benar ada uang 5.000 dolar yang diberikan kepada ABK," ujar Kapolres Rote Ndao Ajun Komisaris Besar (AKB) Hidayat kepada awak media, Selasa (16/6).

Penyerahan uang dilakukan setelah dua kapal yang mengangkut 65 imigran tujuan Selandia Baru, ditangkap ketika memasuki perairan Australia di Laut Timor pada 25 Mei 2015. Puluhan imigran tersebut berasal dari Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar.


Bukti uang yang diberikan pejabat imigrasi Australia kepada kapten kapal pengungsi (Foto: SMH)

Setelah didorong Australia, dua kapal itu berlayar selama tiga hari menuju Indonesia. Dua kapal itu kemudian terdampar di pesisir Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao (Pulau Rote).

Para pengungsi dan ABK ditolong warga setempat yang membawakan makanan dan pakaian, sebelum akhirnya diamankan polisi.

Saat ini, 65 imigran tersebut dibawa ke Kupang dan ditampung di salah satu hotel karena kapasitas rumah detensi imigrasi tidak mencukupi.


(WIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA