Prabowo Minta TransJakarta Benahi Pelayanan

Intan fauzi    •    Selasa, 16 Jun 2015 17:19 WIB
transjakarta
Prabowo Minta TransJakarta Benahi Pelayanan
Pengendara nekat terobos jalur busway. (Foto:MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Transjakarta diminta membenahi pelayanan kepada masyarakat. Lamanya waktu tunggu serta banyaknya gangguan saat beroperasi membuat jumlah pengguna bus TransJakarta menurun.
 
Anggota Komisi D DPRD DKI dari fraksi Gerindra, Prabowo Soenirman mengatakan, penurunan jumlah penumpang bus TransJakarta membuktikan kualitas pelayanan berkurang. "Masalah kenyamanan harus diatasi. Selain itu, banyak bus yang sudah tua, sementara penambahan bus tak kunjung terealisasi," kata Prabowo kepada Metrotvnews.com di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (16/6/2015).
 
Menurutnya, headway (jarak antarbus) menjadi keluhan utama masyarakat. Padahal, sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang dimiliki PT TransJakarta, headway harusnya hanya 3-5 menit pada jam sibuk dan 5-7 menit pada jam tidak sibuk. Sedangkan masa tunggu maksimal tujuh menit pada jam sibuk dan 10 menit pada jam tidak sibuk. "Masalah ini karena busnya kurang dan jalurnya tidak steril," ujarnya.
 
Prabowo mendesak sterilisasi jalur TransJakarta dilakukan secara konsisten oleh polisi dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Penambahan 1.000 unit bus akan percuma kalau jalurnya masih macet, sterilisasi harus konsisten," tandas Prambowo.
 


(FZN)