Nasib Generasi Mendatang Terletak di Tangan Guru

   •    Selasa, 16 Jun 2015 17:56 WIB
mpr ads
<i>Nasib Generasi Mendatang Terletak di Tangan Guru</i>
Wakil Ketua MPR EE Mangindaan melakukan sosialisasi empat pilar di Minahasa Selatan

Metrotvnews.com, Minahasa: Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bekerjasama dengan PGRI Kabupaten Minahasa Selatan menyelenggarakan  Sosialisasi Empat Pilar. Acara diikuti sekitar 300  kepala sekolah, guru PKn, dan pengawas sekolah dari seluruh tingkatan sekolah Kabupaten Minahasa Selatan.

Wakil Ketua MPR EE Mangindaan mendapat kehormatan menjadi pembicara utama, sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Empat Pilar di kampung halamannya. Dalam pidatonya, Mangindaan mengatakan nasib generasi mendatang terletak di tangan guru.

"Karena tugas guru mendidik generasi bangsa untuk menghasilkan generasi yang menguasai ilmu dan teknologi, generasi yang memiliki nilai-nilai moral, dan generasi yang memahami nilai-nilai yang menjadi jati diri bangsa, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya saat membuka acara di gedung pertemuan Restoran New Century, Banyungon, Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Selasa (16/6/2015).

Menurutnya, guru yang menjadi peserta sosialisasi Empat Pilar sebenarnya sudah paham nilai-nilai Empat Pilar. Bahkan sudah melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalau belum mendalam, maka kita dalami melalui sosialisasi ini. Itulah saya katakan sosialisasi untuk para guru ini hanya untuk refreshing," terang Mangindaan.

Mangindaan juga mengingatkan bahwa tantangan mendatang, terutama di akhir 2015, adalah era globalisasi. Sebab, batas negara telah kabur. Nilai-nilai asing bebas masuk dan mempengaruhi. Begitu pula dengan nilai-nilai yang kita miliki, bebas memengaruhi bangsa lain.

"Maka, kita tidak boleh goyah oleh nilai-nilai asing, karena kita memiliki jati diri bangsa, yaitu ideologi Pancasila," tegasnya.

Kegiatan ini melibatkan lima anggota MPR RI dari Kelompok tujuh Badan Sosialisasi MPR sebagai narasumber. Mereka antara lain Instiawati Ayus dari kelompok DPD, Sirmadji dari Fraksi PDI Perjuangan, Bowo Sidik Pangarso dari Fraksi Golkar, Irma Narulita dari Fraksi PPP, dan Elnino M Husein Mohi dari Fraksi Gerindra. Acara turut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Linmas Pemkab Minsel Alex Slat yang mewakili Bupati Minahasa Selatan.


(NIN)