Pemerintah Diminta Percepat Pembangunan Busway Koridor 13-15

Intan fauzi    •    Selasa, 16 Jun 2015 17:58 WIB
transjakarta
Pemerintah Diminta Percepat Pembangunan Busway Koridor 13-15
Pekerja memperbaiki jalur Trans-Jakarta yang rusak dengan menggunakan beton di Jalan Perwira, Jakarta Pusat.(Foto:MI/Immanuel).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta mempercepat pembangunan jalur TransJakarta koridor 13 hingga 15 sesuai Pola Transportasi Makro (PTM) DKI Jakarta.
 
“Angka 15 itu bukan angka mistik atau keramat, tapi hasil kajian pakar transportasi berdasarkan kebutuhan transportasi di Jakarta. Oleh sebab itu, tekad untuk mewujudkan pembangunan 15 koridor adalah rasional dan realistis,” kata Ketua Institut Studi Transportasi (INSTRANS) Darmaningtyas kepada Metrotvnews.com, Selasa (16/6/2015).
 
Ketiga koridor tersebut dinilai mampu melengkapi mobilitas masyarakat hingga kawasan perbatasan kota. “Konsepnya seperti itu, jadi warga tak perlu menggunakan kendaraan pribadi,” katanya.
 
Ketiga koridor rencananya dibangun dengan jalur layang. Koridor 15 (Ciledug-Blok M) masih proses pembangunan. Sementara, koridor 13 (Manggarai-Depok) dan koridor 14 (Pondok Kelapa-Blok M) masih dalam perencanaan.
 
 “Sesuai perencanaan ada 15 koridor, yang satu sedang dibangun, dua lagi belum. Semua konsepnya jalur layang,” kata Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Ellen Tangkudung.
 
Seperti diketahui, dalam Pola Transportasi Makro (PTM) yang diatur Pergub No. 103 Tahun 2007, untuk mencapai layanan transportasi publik yang memadai di wilayah DKI Jakarta, koridor busway yang harus dibangun 15 koridor.


(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA