Tanker Malaysia Hilang, Orang Dalam Dicurigai Terlibat

Fajar Nugraha    •    Selasa, 16 Jun 2015 19:15 WIB
orkim harmony
Tanker Malaysia Hilang, Orang Dalam Dicurigai Terlibat
Kapal tanker Orkim Harmony yang hilang (Foto: The Star)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Tanker Malaysia hilang sejak 11 Juni 2015 lalu. Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi tidak mengesampingkan keterkaitan orang dalam.
 
"Keterlibatan orang dalam tidak bisa dikesampingkan dalam kasus ini," ujar Zahid, seperti dikutip The New Straits Times, Selasa (16/6/2015).
 
Penilaian Zahid didasarkan atas pengalamannya saat menjabat menteri pertahanan Malaysia sebelumnya. Menurutnya sebagian besar pembajakan mendapatkan bantuan dari pihak dalam pemilik kapal. Namun tidak diketahui apakah pihak penyelidik sudah memiliki tersangka yang ada kaitan dengan kasus ini. 
 
Kapal tanker MT Orkim Harmony membawa 6.000 metrik ton bahan bakar RON95. Kapal dilaporkan hilang dekat Johor tidak jauh dari Laut China Selatan pada 11 Juni 2015.
 
Kapal berbendera Malaysia itu berlayar dengan 22 kru dari tiga negara. Awak kapal terdiri dari 16 warga Malaysia, lima WNI dan seorang warga Myanmar.
 
Hingga saat ini, proses pencarian kapal Orkim Harmony melibatkan dua kapal besar dan satu kapal kecil milik Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA). Sementara Angkatan Laut Malaysia membantu pencarian dengan menyertakan kapal perang KR Laksamana Tan Pusmah dan KD Ganyang.
 
Sementara menurut Direktur Operasi MMEA wilayah selatan, Laksamana Ibrahim Mohamed mengatakan wilayah pencarian saat ini mencapai 20 ribu kilometer per segi. Wilayah pencarian dimulai dari Tanjung Penawar di Kota Tinggi hingga Mersing dan wilayah sekitar Singapura dan Indonesia.



(FJR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA