Pilkada Harus Melahirkan Pemimpin Berkualitas

   •    Selasa, 16 Jun 2015 19:38 WIB
mpr ads
Pilkada Harus Melahirkan Pemimpin Berkualitas
Anggota MPR dari Fraksi PPP, Zainut Tauhid Saadi

Metrotvnews.com, Medan: Pilkada di Indonesia masih menyisakan masalah. Di satu sisi ada yang ingin melaksanakan Pilkada secara langsung dipilih oleh rakyat, di sisi lain ada yang menginginkan Pilkada dipilih di DPR.

"Semua pilihan sangat memungkinkan selama dipilih secara demokratis," ujar anggota MPR dari Fraksi PPP, Zainut Tauhid Saadi, di depan ratusan mahasiswa Universitas Medan Area, Medan, Sumatra Utara, Selasa (16/6/2015).

Menurut Zainut, Pilkada merupakan proses konsolidasi demokrasi untuk memunculkan kepala daerah yang berkualitas, melahirkan stabilitas politik, pemerintahan yang efektif, dan bisa diterima oleh rakyat. Pilkada bisa menjadi seleksi bagi pemimpin nasional.

"Sekarang sangat mungkin melahirkan pemimpin nasional dari daerah lewat Pilkada," ujarnya.

Namun, ada beberapa persoalan yang perlu dibenahi. Seperti data calon kepala daerah saat proses pendaftaran, biasanya membawa masalah di kemudian hari. Kampanye yang dijadikan media pencintraan, bukannya pengajuan program kerja. Calon incumbent yang menggunakan birokrasi untuk kepentingannya. Serta pelaksanaan coblosan dan adanya gugatan di MK.

"Pernah ada hakim MK yang tak adil," pungkasnya.


(NIN)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA