Mantan Ketua Bidang Hukum PKB Bergabung ke NasDem

   •    Minggu, 10 Mar 2013 17:01 WIB
Mantan Ketua Bidang Hukum PKB Bergabung ke NasDem
ANTARA/M Agung Rajasa/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem kembali menerima anggota baru. Salah satunya adalah mantan Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP PKB diera Abdurahman Wahid, Hermawi Taslim.

Plt Ketua BAHU Partai NasDem Taufik Basari mengatakan, bergabungnya Hermawi dan sejumlah praktisi hukum lainnya akan menguatkan konsolidasi hingga ke tingkat daerah.

"Mundurnya beberapa pengurus BAHU tidak memengaruhi kinerja kita. Bahkan hal tersebut menjadi momentum untuk BAHU semakin bersemangat dan memperluas diri untuk melibatkan berbagai pihak memperjuangkan keadilan," kata Taufik dalam konferensi pers di auditorium DPP Partai NasDem, Jakarta, Minggu (10/3).

Taufik menjelaskan, kedepannya BAHU sudah membuat prioritas program. Yang pertama adalah membuka rekrutmen dan memfasilitasi para advokat, praktisi dan sarjana-sarjana hukum serta mahasiswa hukum yang ingin bergabung dengan BAHU NasDem, dan membagi ilmu kepada masyarakat.

"Kedua, mengadakan penyuluhan hukum dan HAM langsung ke tengah-tengah masyarakat," kata Taufik.

Ketiga, melakukan advokasi kebijakan yang merugikan kepentingan publik dimasing-masing wilayah di seluruh Indonesia.

"BAHU NasDem harus mengkritisi kebijakan yang tidak pro rakyat. Entah Pergub, Perda, maupun keputusan lainnya serta mengadvokasi kasus-kasus bernuansa publik. Misalnya, penggusuran ataupun malpraktek rumah sakit," kata Taufik.

Tidak hanya itu, Taufik menjelaskan, prioritas keempat bagi BAHU adalah memperluas jaringan dan melakukan kerjasama dengan lembaga advokasi dan bantuan hukum diberbagai wilayah untuk bersama bekerja membela kepentingan publik.

"Kelima, memberikan pelayanan konsultasi hukum pro bono dimasing-masing sekretariat BAHU NasDem yang tersebar diseluruh Indonesia," tukasnya.

Taufik mengatakan, masyarakat harus berdaya dalam hukum agar memeroleh keadilan. "Hukum harus berlaku sama, tidak boleh tajam ke bawah tapi tumpul ke atas," tukasnya.

Sementara itu, Plt Pelaksana Harian BAHU Partai NasDem Humisar Tambunan menambahkan, mundurnya beberapa orang pengurus bukan kiamat bagi organisasi sayap Partai NasDem tersebut. "Masih banyak yang ingin ikut dengan BAHU NasDem," tukasnya.

Kedepannya, konsolidasi penyolidan keberadaan BAHU NasDem akan terus dilakukan. "Oleh karena itu BAHU NasDem diseluruh daerah tidak boleh goyah karena iming-iming tertentu. BAHU NasDem bukan tempat untuk orang-orang oportunis," tukas Humisar.

Disaat yang sama, Hermawi disematkan jaket Partai NasDem sebagai simbol dirinya telah bergabung dengan partai pimpinan Surya Paloh tersebut. Tidak hanya Hermawi, ribuan aplikasi yang dikirimkan ribuan orang melalui sekretariat BAHU NasDem akan segera diinventarisasi dan ditindaklanjuti. (Donny Andhika AM/Adf)