PSSI Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kasus Mafia Bola

Rendy Renuki H    •    Selasa, 16 Jun 2015 21:27 WIB
suap olahraga
PSSI Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kasus Mafia Bola
Suasana di Kantor Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu, (6/5). Foto:MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dilaporkan ke Bareskrim oleh Tim kuasa hukum BS, pelapor atas dugaan mafia bola, Selasa 16 Juni. Laporan tersebut diketahui setelah melihat surat tanda terima penerimaan laporan yang di tandatangani petugas piket Bareskrim Mabes Polri, Bripda Pol Alfianto.

Dalam surat tersebut, pengurus PSSI, pemain dan manajer klub dilaporkan terkait dalam praktek suap dan pengaturan skor.

"Diduga penyuapan tersebut dilakukan sejak tahun 2000 hingga 2015, sebelum PSSI dibekukan," kata salah satu anggota Tim Kuasa Hukum BS, Muhammad Isnur, saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dalam keterangan yang sama Isnur mengatakan, dana yang digunakan untuk penyuapan selama periode 2000-2010 bersumber dari APBD, sedangkan untuk tahun 2010-2015 bersumber dari investor asal Malaysia yang bernama DAS. "Dana itu dikirim lewat transfer melalui rekening pelapor," terang Isnur.

Namun, dalam laporan tersebut tidak disertakan lampiran berupa bukti dokumen pendukung. Hanya tertulis BS selaku pelapor bersedia memberikan rekaman percakapan, nomor-nomor rekening bank bukti transfer dan saksi-saksi yang memberikan keterangan. Sayang, Tim Advokasi pun tak mau membeberkan siapa saja pihak yang yang dimaksud yang dilaporkan ke Bareskrim.


(FIT)