Ada Kasus Kematian, Pengawasan Unggas Ditingkatkan Jelang Ramadan

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 17 Jun 2015 17:22 WIB
flu burung
Ada Kasus Kematian, Pengawasan Unggas Ditingkatkan Jelang Ramadan
Peternak ayam sedang memberi makan. Foto: Antara/Prasetia Fauzani

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta meningkatkan pengawasan unggas para peternak, termasuk komoditas peternak ayam. Sebab, hampir setiap Ramadan jumlah konsumsi daging selalu tinggi dibandingkan dengan hari biasa.

"Pengawasan (unggas) kami intensifkan. Ttidak ada pengurangan intensitas pengawasan selama Ramadan ini," kata Koordinator Unit Respon Cepat Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) Dinas Pertanian DIY, Tri Wahana Adiwiyana, melalui sambungan telepon, Rabu (17/6/2015).

Tri memaparkan intensitas pengawasan akan dilakukan selama Ramadan, dari yang biasanya seminggu dua kali, menjadi 3 hingga 4 kali. Menurutnya, kewaspadaan akan penyakit unggas, misalnya flu burung, terus ditingkatkan selama Ramadan hingga Lebaran.

Pihaknya tak ingin kejadian adanya penyakit unggas yang menyebabkan kematian kembali terjadi. Sebab, seminggu lalu, kejadian itu terjadi di wilayah Sanden, Bantul, DIY. "Kejadian memang ada tapi tidak komunal, masih bersifat orang per orang," ucapnya.

Jika terjadi kematian massal, artinya akan mengancam pasokan daging yang hampir sebulan lebih akan dibutuhkan. "Ketentuan pengawasan pada kantong-kantong ternak sudah kami tentukan," ujarnya.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA