Sering Berjemur Bisa Memperpendek Usia Anak?

   •    Rabu, 17 Jun 2015 20:02 WIB
kesehatan
Sering Berjemur Bisa Memperpendek Usia Anak?
Foto: girlschannel.net

Metrotvnews.com: Ketika Anda memutuskan untuk hamil, dokter mungkin akan merekomendasikan Anda untuk mendapatkan cukup folat, vitamin B yang larut dalam air karena ini bisa mengurangi risiko cacat lahir dan komplikasi kehamilan lainnya. Namun tahukah Anda bahwa perlindungan dari sinar UV bisa memperpendek umur anak Anda di masa depan?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society B, jumlah sinar UV yang diserap tubuh dapat berkontribusi dalam kelangsungan hidup anak setelah dilahirkan.

Para peneliti dari Norwegian University of Science and Technology telah menganalisis lebih dari 9.000 orang dari tahun 1750-1900 dengan bukti sejarah dari siklus radiasi matahari. Hasilnya, mereka menemukan bahwa rata-rata umur anak yang lahir dari ibu yang sering tersorot matahari ketika hamil lebih lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Dalam studi ini, peneliti menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yakni meski radiasi sinar UV yang memiliki efek positif pada peningkatan vitamin D, ini juga mengakibatkan degradasi vitamin B9 atau folat yang diperlukan dalam sintesis DNA, pembelahan sel dengan cepat dan pertumbuhan sel selama kehamilan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa terlalu sering berjemur saat hamil mungkin memiliki efek merugikan pada kelangsungan hidup janin dan kinerja produksi berikutnya," kata peneliti.

Para ilmuwan juga sangat prihatin terhadap orang-orang berkulit terang yang pindah ke daerah yang beriklim lebih hangat dengan banyak sinar matahari. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa Anda tidak dianjurkan untuk berjemur ketika sedang hamil jika Anda ingin memiliki banyak cucu. (Ningtriasih/Self)


(AWP)