Dua Orang Masih Tertimbun di Longsoran Tebing Pantai Sadranan

Wandi Yusuf    •    Rabu, 17 Jun 2015 21:41 WIB
longsor
Dua Orang Masih Tertimbun di Longsoran Tebing Pantai Sadranan
Petugas polisi dan TNI dibantu warga sedang mencoba mengevakuasi korban yang tertimbun akibat runtuhnya dinding tanah di Pantai Sadranan. Foto: Metro TV/Erwin

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dua orang masih tertimbun di longsoran tebing kapur Pantai Sadranan, Dusun Pulegundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Saat ini alat berat sedang berupaya mengevekuasi keduanya.

"Saat ini sedang dilakukan pemecahan batu untuk memudahkan evakuasi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkatnya, Rabu (17/6/2015).

Longsor mengakibatkan tiga orang tewas akibat tertimbun tebing. Dua berhasil diselamatkan dalam kondisi luka-luka. Korban semuanya adalah wisatawan lokal.

Tiga orang yang meninggal antara lain Joko Susanto,35; Risa Umami, 22; dan Muh. Taufik, 20. Dua korban selamat antara lain Kasiyem, 45, warga Bulu, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo,Gunungkidul dan Indah Lestari alamat Ngablak warga Srumbung, Magelang. "Korban luka-luka saat ini telah dibawa ke RSUD Gunungkidul," kata Sutopo.

Semua korban adalah wisatawan lokal yang sedang bermain di pantai di bawah tebing kapur di Pantai Sadranan. Tebing kapur yang runtuh itu mempunyai ketinggian sekitar delapan meter. Di bawah tebing terhampar pasir putih di pantai. Tebing kapur tersebut berlubang di bagian bawah. Lokasi itu sering dijadikan tempat berteduh wisatawan.

Diperkirakan tebing tersebut telah retak karena pelapukan. Adanya tumbuhan pandan dan akar lainnya juga mempercepat pelapukan dan menyebabkan longsor.
 


(UWA)