Sambut Ramadan, Warga Yogyakarta Padusan di Parangtritis

Patricia Vicka    •    Rabu, 17 Jun 2015 22:42 WIB
keraton yogyakartasabda raja
Sambut Ramadan, Warga Yogyakarta Padusan di Parangtritis
Warga Yogyakarta menyambut Ramadan dengan padusan. Foto: Metrotvnews.com/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sehari sebelum Ramadan, warga Yogyakarta beramai-ramai melakukan tradisi padusan (membersihkan diri). Mereka menceburkan diri di sumber-sumber mata air seperti pantai, embung (waduk), dan kolam air.

Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat favorit warga melakukan padusan. Pantauan metrotvnews.com,  hari ini pantai Parangtritis ramai dipadati ribuan warga yang ingin melakukan padusan. Mereka tak hanya berasal dari Yogyakarta.

Dengan berpakaian lengkap mereka segera menceburkan diri ke pantai laut selatan itu. Di dalam air, mereka menggosok-gosok tubuhnya dari atas hingga bawah dan turut mencuci rambut agar bersih. Beberapa ada juga yang bermain air dan memerciki teman-teman atau keluarganya.

Devy, salah seorang pengunjung yang melakukan padusan, mengaku rutin mengikuti tradisi ini setiap tahun. "Sudah tradisi dari kecil. Kata nenek saya padusan ini untuk membersihkan diri supaya suci saat memasuki Ramadan," ujar mahasiswi Universitas Taman Siswa ini, di Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Rabu (17/6/2015).

Ia memilih pantai Parangtritis karena keindahan alamnya dan sekaligus berwisata. "Dari siang sudah sampai di sini. Saya pergi bersama 15 teman lainnya naik motor," ujar wanita yang tinggal di Kulonprogo ini.

Marianta penjaga tiket masuk Pantai Parangtritis mengatakan tradisi padusan membuat pengunjung pantai membeludak dibandingkan hari biasa. "Hari ini ada 8.000 pengunjung. Padahal hari biasa hanya 500 hingga 1000 pengunjung," katanya.

Padusan adalah tradisi yang sudah dilakukan turun temurun oleh warga Yogyakarta sejak abad 16. Sejarawan UGM Sri Margana menjelaskan tradisi padusan dianjurkan Sunan Kalijaga yang merupakan penyebar agama Islam di Yogyakarta.

"Padusan dalam kepercayaan masyarakat Jawa adalah kegiatan membersihkan dan menyucikan diri sebelum memulai Ramadan. Biasa disebut mandi besar karena harus membasuh tubuh dari ujung rambut sampai kaki," tuturnya melalui pesan singkat.

Sumber Mata air yang biasa dipakai padusan antara lain Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, kolam renang UNY, dan Pantai Gua Cemara.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA