Bank Indonesia Gandeng Ulama Cegah Inflasi Saat Ramadan

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 17 Jun 2015 23:06 WIB
ramadan 2015
Bank Indonesia Gandeng Ulama Cegah Inflasi Saat Ramadan
Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Aryo Setyoso. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Untuk mengantisipasi tingginya angka inflasi saat Ramadan, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon menggandeng Ulama Se-Wilayah III Cirebon. Para ulama diharapkan mampu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait masalah inflasi yang kerap terjadi pada saat Ramadan.

“Walaupun puasa itu menahan makan dan minum di siang hari, tapi ternyata pada bulan tersebut budaya konsumtif masyarakat meningkat,” ujar Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Aryo Setyoso, Rabu (17/6/2016).

Untuk mengantisipasi inflasi yang terjadi, pemerintah sebenarnya sudah membentuk Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di setiap daerah. Untuk wilayah III Cirebon yang mencakup Kota Cirebon, Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan, semua TPID sudah terbentuk. Namun, masih perlu dukungan berbagai pihak, salah satunya para ulama.

“Kami sangat berharap kiai dan ulama ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak bersikap konsumtif saat bulan puasa ini. Terutama ketika para ulama sedang memberikan ceramah mau pun pengajian,” kata Aryo

Menurut Aryo, TPID sudah membuktikan perannya dengan mampu menurunkan angka inflasi di beberapa wilayah. Di Cirebon, sebelum ada TPID angka inflasi mencapai 10 persen dan saat ini sudah berada di bawah 10 persen.  

Di TPID, Bank Indonesia bukan pengambil keputusan, namun hanya ikut memberikan saran kepada pemerintah daerah.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA