20 Tokoh Nasional Siap Isi Ceramah di Masjid Salman ITB

Roni Kurniawan    •    Kamis, 18 Jun 2015 00:36 WIB
ramadan 2015
20 Tokoh Nasional Siap Isi Ceramah di Masjid Salman ITB
Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Bandung: Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah mempersiapkan sebanyak 20 tokoh nasional untuk mengisi ceramah pada Ramadan tahun ini. Para tokoh tersebut rencananya akan mengisi ceramah usai melaksanakan Salat Ashar atau menjelang buka puasa.

Ketua Panitia Persiapan Ramadan Masjid Salman ITB, Handy Tri Husodo, mengatakan sebanyak 13 tokoh nasional mengaku sudah siap.

Di antaranya Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Adian Husaini; Penulis Buku Api Sejarah, Ahmad Mansyur; Ketua MPR RI Periode 1999- 2004, Amin Rais; Ketua Presidium Icmi, Ilham Akbar Habibie; Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil; serta Ketua Umum Muhammdiyah, Din Syamsudin.

"Baru ada 13 yang dipastikan hadir. Sisanya masih menunggu konfirmasi. Kita mengambil tokoh nasional karena selain belajar soal Islam, kita juga ingin mendengarkan pengalaman mereka selama berkarir dengan didampingi syariat Islam," ujar Handy, saat ditemui awak media di area Masjid Salman ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/6).

Selain itu, mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhyono (SBY) dan mantan calon Presiden RI, Prabowo Subianto pun turut diundang untuk mengisi acara ceramah tersebut. Namun, mereka masih belum dapat memastikan kehadirannya di Masjid Salman ITB

"Pak Prabowo masih belum ada konfirmasi. Pak Chairul Tanjung juga belum. Ada pula beberapa tokoh lain yang kami upayakan untuk hadir," lanjutnya.

Selain mengisi ceramah menjelang buka puasa, para tokoh nasional pun akan diberikan kesempatan menjadi imam Salat tarawih. "Setiap penceramah kita tawari menjadi imam terawih, tapi memang tidak semua mau," imbuhnya.

Acara ceramah rencananya dimulai pada pukul 16.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama dan pembagian takjil. Masjid Salman ITB menyediakan sekitar 1.500 nasi kotak setiap hari selama Ramadan.


Berikut jadwal penceramah di Masjid Salman ITB:
18 Juni - Dr. Adian Husaini, M.A
19 Juni - Ahmad Mansur S        
20 Juni - Prof. Dr. H. Amien Rais
21 Juni - Dr. Ir. Salahuddin Wahid
22 Juni - Let. Jend. TNI (Purn) Ir. H. Azwar Anas
23 Juni - Ir. M. Hatta Radjasa
24 Juni - Drs. M. Jusuf Kalla
25 Juni - Muliaman D. Hadad
26 Juni - Let. Jend. TNI (Purn) H. Prabowo Subianto
27 Juni - Dr. Hamid Fahmy Zarkasy
28 Juni - SBY
29 Juni - Dr. Ir. H. Sugiharto
30 Juni - Prof. Dr. Din syamsuddin
1 Juli - Ricky Elson
2 Juli - M. Busyro Muqoddas, S. H, M. Hum
3 Juli - Ahmad Fuadi
4 Juli - Dr. Ing. Ilham Habibie
5 Juli - M. Ridwan Kamil, ST MUD
6 Juli - Sandiaga Uno S
7 Juli - H. Deddy Mizwar
 


(UWA)