Pengamat: Ruki Berikan Warisan Buruk Untuk KPK

Damar Iradat    •    Kamis, 18 Jun 2015 02:11 WIB
kpk
Pengamat: Ruki Berikan Warisan Buruk Untuk KPK
Pengamat politik sekaligus pemuka agama Romo Benny Susetyo--MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Plt Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki dinilai mewariskan hal buruk sebelum dirinya diganti. Warisan buruk yang dimaksud yakni pernyataannya soal kewenangan mengeluarkan surat perintah penghentian penyelidikan (SP3).

"Harusnya kan dia memberi warisan yang baik-baik untuk penggantinya. Kalau saat ini KPK tak punya taring, penggantinya semakin berat. Saya pribadi berharap, Ruki beri warisan yang baik bukan yang buruk seperti ini," ujar pengamat politik sekaligus pemuka agama Romo Benny Susetyo kepada Metrotvnews.com, Rabu (17/6/2015).

Romo Benny dengan tegas menolak anggapan Ruki. Dia menuntut baik Ruki dan Plt Pimpinan KPK saat ini harus bisa membuktikan diri.

"Apapun alasannya tak bisa dibenarkan. Harus ditentang. Kalau memang tidak bisa, dia harus bisa membuktikan lebih baik lagi. Kalau begitu terus, publik semakin curiga, KPK lagi diperlemah," terang Romo.

Dalam revisi UU versi Ruki, ia menerangkan penasihat KPK punya wewenang yang luas. Penasihat bakal menjadi komite pengawas yang bertugas mengawasi pelaksanaan tugas KPK hingga memberi nasihat dan saran bagi pimpinan.

"Juga memberi izin dulu penghentian penyidikan kepada KPK, dan memeriksa pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh pimpinan KPK," jelas dia.


(SUR)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA