Fed Indikasikan Kenaikan Suku Bunga Tahun Ini

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 18 Jun 2015 08:08 WIB
the fed
Fed Indikasikan Kenaikan Suku Bunga Tahun Ini
Gubernur The Fed Janet Yellen. AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKI

Metrotvnews.com, Washington: Bank sentral AS atau Federal Reserve mengisyaratkan pihaknya di jalur untuk menaikkan suku bunga acuan pada tahun ini meskipun prospek ekonomi lebih rendah dari yang diperkirakan.

Xinhua melansir, Kamis (18/6/2015), dalam proyeksi ekonomi kuartalan yang dirilis pada Rabu, 15 dari 17 anggota dewan Fed dan para presiden Fed bank mengharapkan waktu yang tepat untuk kenaikan suku bunga pertama di 2015 dalam hampir sembilan tahun.

Kemudian, hanya dua pejabat yang melihat kenaikan suku bunga di 2016 akan menjadi waktu yang tepat. Sementara itu, para pejabat Fed menurunkan proyeksi mereka untuk pertumbuhan ekonomi AS tahun ini menjadi 1,8-2,0 persen, dibandingkan dengan proyeksi Maret sebesar 2,3-2,7 persen.

Gubernur The Fed Janet Yellen mengatakan angka tersebut direvisi turun terutama mencerminkan kontraksi ekonomi pada kuartal pertama, yang sebagian karena faktor sementara. Meskipun prospek ekonomi lebih rendah dari perkiraan, bank sentral AS terus melihat perbaikan di pasar tenaga kerja dan kinerja ekonomi.

"Kegiatan ekonomi telah berkembang cukup setelah sedikit berubah selama kuartal pertama," kata The Fed dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), badan Fed untuk kebijakan moneter.

Laju pertumbuhan lapangan pekerjaan, menurut dia, akan meningkat dan underutilization (penggunaan tidak maksimum) sumber daya tenaga kerja sedikit berkurang. (Antara)


(AHL)