Minim Sentimen, Rupiah Dibuka Loyo

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 18 Jun 2015 09:03 WIB
kurs rupiah
Minim Sentimen, Rupiah Dibuka Loyo
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan mata uang Garuda pagi ini tidak terlalu bagus. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini terpantau melemah.

Mengutip Bloomberg, Kamis (18/6/2015), rupiah pagi ini diperdagangkan di level Rp13.343 per USD atau melemah 17 poin dan setara 0,13 persen jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya.

Namun, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah dibuka di posisi Rp13.342 per USD, jika dibandingkan dengan penutupan sebelumnya. Rupiah menguat 20 poin atau setara 0,15 persen berdasarkan data Yahoo Finance.

Berdasarkan hasil riset Samuel Sekuritas, rupiah dinilai bergerak stabil di saat indeks harga saham gabungan (IHSG) dan surat utang negara (SUN) menguat cukup signifikan.

"Dolar juga melemah di pasar Asia hingga penutupan Rabu sore. Hari ini pelemahan dolar diperkirakan berlanjut sehingga berpeluang juga membantu penguatan rupiah dan aset berdenominasi rupiah lainnya," tutur hasil analisa tersebut.

Penantian pengumuman BI rate sore nanti, diprediksi membuat pergerakan rupiah cukup menguat. Ke depan, ada peluang dipangkasnya BI rate.

"Akan tetapi saat ini dengan inflasi yang masih jauh di atas target BI dan rupiah yang di atas Rp13.000 per USD, BI sepertinya akan mempertahankan BI rate di level 7,5 persen," pungkasnya.


(AHL)