Brasil vs Kolombia

Kolombia Tumbangkan Brasil dengan Skor Tipis

Patrick Pinaria    •    Kamis, 18 Jun 2015 09:26 WIB
copa america 2015
Kolombia Tumbangkan Brasil dengan Skor Tipis
James Rodriguez (Kanan) dikawal Roberto Firminho (Kiri) (Foto: AP/Silvia Izquierdo)

Metrotvnews.com, Santiago de Chile: Brasil menelan kekalahan pada laga kedua penyisihan grup C Copa America 2015. Seleccao secara mengejutkan takluk 0-1 di tangan Kolombia.

Bertanding di Stadion Monumental David Arellano, Kamis 18 Juni pagi hari, Brasil tampil menekan sejak babak pertama dimulai. Mereka langsung menciptakan peluang pada menit kedua lewat Willian. Namun, sepakan pemain Chelsea itu masih membentur pemain Kolombia.

Pada menit kesembilan, Brasil kembali menciptakan peluang lewat kaki Felipe Luis. Bek Atletico Madrid itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih bisa ditangkap David Ospina. 

Giliran Kolombia menciptakan peluang mengancam lewat striker andalannya, Radamel Falcao pada menit ke-15. Penyerang AS Monaco itu melepaskan tembakan kaki kanan usai menerima umpan dari Teofilo Gutierrez. Sayang, tendangannya belum menemui tepat sasaran.

Kolombia mendapat ancaman dari Dani Alves pada menit ke-22. Bek Barcelona tersebut menciptakan peluang dari luar kotak penalti, tapi tendangannya masih tak mengarah tepat ke gawang.

Kolombia mendapat kesempatan bagu pada menit ke-30 dan 31 yang diciptakan lewat Carlos Sanchez Moreno dan James Rodriguez. Namun, kedua peluang itu masih belum ada yang berbuah gol.

Kolombia memberikan kejutan kepada Brasil. Tepat pada menit ke-36, mereka sukses menjebol gawang Tim Samba lewat gol Murillo. Mendapatkan kesempatan dari kemelut di muka gawang, ia tak segan melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang Jefferson.

Kolombia dapat menambah keunggulan, andai saja Juan Cuadrado sukses memanfaatkan peluang pada menit ke-43. 

Selang semenit, Brasil gantian menciptakan peluang lewat Neymar. Berawal dari umpan silang Alves, penyerang Barcelona itu melepaskan tandulkan. Namun, bola masih bisa diamankan Ospina dengan mudah.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta. Skor 0-1 untuk keunggulan Kolombia.

Lanjut interval kedua, Brasil yang tertinggal satu gol langsung melakukan pergantian pemain. Pelatih Tim Samba Carlos Dunga menarik Fred pada menit ke-46 untuk digantikan Philippe Coutinho.

Brasil langsung tampil menggebrak di awal babak kedua. Pada menit ke-48, Neymar mengancam gawang Kolombia. Usai lolos dari jebakan offside, penyerang Barcelona itu menusuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan kencang. Namun, bola masih melebar dari sisi kiri gawang.

Dua menit berselang, giliran Kolombia menebar ancaman ke gawang Brasil lewat Cuadrado. Ia sukses melewati Miranda di depan kotak penalti, kemudian melepaskan tembakan keras. Tapi, bola masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Pada menit ke-57, Firmino nyaris membawa Brasil unggul. Namun, ia gagal memanfaatkan peluang emas ketika gawang sudah bebas dari kawalan siapapun. Tidak disangka, ia melepaskan tendangan yang melambung tinggi.

Coutinho! Pemain yang dimasukkan pada babak kedua ini nyaris membawa Brasil menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Namun, tendangan dari luar kotak penaltinya masih membentur pertahanan Kolombia.

Giliran Kolombia melepaskan peluang mengancam pada menit ke-72 dan 73 lewat kaki Gutierrez dan Pablo Armero. Namun, tidak ada satu pun yang berbuah gol.

Firmino kembali gagal menciptakan gol lewat sundulannya pada menit ke-79 yang menyamping tipis di kanan gawang.

Brasil semakin tertekan memasuki menit-menit terakhir. Dominasi mereka gagal membuahkan gol hingga menit ke-89. Bahkan, pada menit itu, mereka mendapat ancaman dari Kolombia, di mana Rodriguez melepaskan sepakan kaki kiri dari kanan gawang. Beruntung, bola masih melenceng.

Hingga laga usai, Brasil tak mampu menyamakan kedudukan. Skor 0-1 tetap untuk keunggulan Kolombia.

Dengan hasil ini, Brasil gagal mendulang poin dan harus turun ke peringkat kedua pada grup C dengan mengoleksi tiga poin. Sementara itu, Kolombia sukses naik ke peringkat ketiga dengan memperoleh tiga poin.

Susunan pemain kedua tim:

Brasil: Jefferson; Alves, Miranda, Silva, Luis; Willian, Elias, Fernandinho, Fred; Firmino, Neymar.

Kolombia: Ospaina; Zuniga, Zapata, Murillo, Armero; Cuadrado, Sanchez, Valencia, James; Falcao, Teo.


(PAT)