Scooter Pintar Gogoro Dijual di Taipei Mulai Rp55 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 18 Jun 2015 10:43 WIB
teknologi
Scooter Pintar Gogoro Dijual di Taipei Mulai Rp55 Juta
Tampilan Smartscooter buatan Gogoro.

Metrotvnews.com: Gogoro, perusahaan asal Taiwan yang telah berhasil membuat sebuah Smartscooter, skuter listrik cerdas, akhirnya mengumumkan harga kendaraan buatannya. Smartscooter ini akan dapat dibeli secara pre-order di Taipei mulai tanggal 27 Juni mendatang dengan harga NTD$128.000 (Rp55,2 juta).

Meskipun begitu, Gogoro menekankan bahwa harga ini adalah harga khusus bagi orang-orang yang membeli secara pre-order. Selain itu, harganya mungkin akan berbeda saat ia diluncurkan di negara lain.

Dengan harga tersebut, sang konsumen akan mendapatkan sebuah Smartscooter, asuransi pencurian selama 1 tahun, dan gratis biaya pemeliharaan selama 2 tahun. Dan yang lebih penting lagi, mereka juga akan menggunakan baterai listrik yang tersedia pada tempat pengisian baterai milik Gogoro.

Dan baterai ini merupakan satu-satunya sumber tenaga dari Smartscooter ini. Sayangnya, penggunaan baterai listrik gratis ini hanya berlaku selama 2 tahun. Selain itu, Gogoro juga tak menyebutkan berapa harga dari baterai ini jika pengguna Smartscooter ini memang perlu membeli baterai tersebut sendiri.



Gogoro menyatakan, meskipun Smartscooter buatan mereka lebih mahal dari skuter berbahan gas lainnya, tetapi jika Anda menghitung subsidi pemerintah dan harga dari bahan bakar, maka dalam waktu 2 tahun, pengguna Smartscooter akan menghabiskan uang lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna skuter biasa. 

Skuter yang menjadi perbandingan Gogoro adalah skuter high-end dengan harga NTD81.000 (Rp34,9 juta). Setidaknya begitulah yang disebutkan TechCrunch. Meskipun begitu, tampaknya Gogoro memang tidak berusaha untuk menarik para konsumennya dengan harga yang terjangkau.




Pada konferensi pers, Horace Luke, salah satu pendiri Gogoro, mengatakan bahwa respons masyarakat Taipei terhadap peluncuran Smartscooter "jauh dari bayangan kami." Kota yang menjadi Ibu Kota Taiwan tersebut akan menjadi kota pertama Smartscooter diluncurkan. Di sini, Gogoro juga ingin melihat reaksi masyarakat terhadap skuter listrik ini.

Untuk memperkenalkan kelebihan-kelebihan yang ada pada Smartscooter kepada masyarakat Taipei, Gogoro telah menyiapkan Gogoro Experience Center, sebuah toko yang didesain untuk menunjukkan kualitas terbaik dari Smartscooter. Dan jika Smartscooter mendapat respons yang baik di Taipei, maka Gogoro berencana untuk menjual skuter tersebut ke negara-negara Asia lainnya dalam waktu beberapa tahun mendatang. (The Verge)


(ABE)