Harga Minyak Dunia Kembali Menurun

   •    Kamis, 18 Jun 2015 11:01 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Kembali Menurun
illustrasi kliang minyak, (ANTARA FOTO, Nova Wahyudi)

Metrotvnews.com, Jakarta : Harga minyak dunia kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini. Penurunan ini disebabkan menguatnya cadangan minyak di Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak dunia untuk West Texas Intermediate (WTI) mencapai USD59,60 per barel atau mengalami penurunan 0,32 poin atau 0,53 persen untuk kontrak hingga Juli 2015.

Research and Analyst PT Fortis Asia Futures Deddy Yusuf Siregar mengatakan penurunan harga minyak disebabkan oleh naiknya cadangan minyak di AS sebesar 460.000 barel pada juni ketimbang dengan bulan sebelumnya, berdasarkan data Energy Information Administration (EIA). Dia mengatakan, hal ini membuat komoditas minyak mengalami kelebihan supply ketimbang dengan demand. 

"Hal ini membuat harga minyak masih sideways," kata dia di Jakarta, Kamis (18/6/2015) 

Dia melanjutkan selama belum adanya revisi produksi dari The Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), maka harga minyak masih akan melemah. Sehingga sentimen dari musim panas belum cukup kuat untuk menaikan permintaan untuk harga minyak yang diperkirakan akan berada pada rentang USD50 per barel hingga USD63 per barel.

Selain itu, selama level support belum tertembus maka harga minyak masih akan mengalami penguatan dan masih akan terdongkrak. "Selama belum menembus level area support USD58,70 per barel harga minyak masih bisa terkerek meskipun terbatas," tutup dia. (MTVN/Arif Wicaksono)


(ABD)