Hadapi Elnino, JK: Impor Pangan Belum Diperlukan

Dheri Agriesta    •    Kamis, 18 Jun 2015 12:26 WIB
elnino
Hadapi Elnino, JK: Impor Pangan Belum Diperlukan
Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/HO/Humas UMY Hamim Thohari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan bahwa fenomena alam Elnino yang terjadi di Indonesia tergolong pada level moderat. Efek yang disebabkan lebih ringan daripada efek yang terjadi di 1998.

"Efeknya lebih ringan dari 1998. Itu yang berat sampai kita impor pangan sebanyak lima juta ton. Kalau ini kita mudah-mudahan yang moderat," kata JK, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (188/6/2015).

JK menyebut, pemerintah harus memiliki persiapan yang baik agar tak perlu melakukan impor pangan. Namun, jika Elnino melanda saat bulan tanam, barulah pemerintah mengambil kebijakan untuk melakukan impor.

"Kalau pemerintah mengimpor itu kalau Elnino-nya pada musim tanam, Oktober. Ya, kita harus siap memenuhi. Walaupun harga naik akibat itu," ungkap JK.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, gangguan iklim Elnino di Indonesia terjadi di Januari hingga November 2015. Nantinya, akan ada beberapa daerah yang terkena perubahan iklim tersebut.

Kepala BMKG Yunus Subagyo Swarinoto mengatakan, prediksi Indonesia akan mengalami gangguan iklim Elnino dalam status moderat atau pada 2015 ini.

"Jadi, BMKG memprediksi Elnino moderat Januari sampai November 2015," ungkap Yusuf, dalam pemaparan proyeksi Elnino 2015, di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta, Rabu 17 Juni.


(ABD)