Wagub Djarot Kunjungi Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1

Ilham wibowo    •    Kamis, 18 Jun 2015 13:00 WIB
panti jompo
Wagub Djarot Kunjungi Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah)--metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meninjau Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, bersama jajaran pemprov DKI. Djarot berharap orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) di wilayah DKI dapat kembali ke kehidupan normal.

Wagub sengaja datang untuk melihat bagaimana penangan dan pembinaan bagi para ODMK, yang terjaring setelah dibiarkan hidup sendiri di jalanan khususnya di wilayah DKI Jakarta.

"Inilah sebetulnya salah satunya tugas pokok Pemerintah Jakarta, melayani semua warga masyarakat yang ada di Jakarta. Tidak peduli status sosialnya, tidak peduli bagaimana kondisinya," tutur Djarot di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa di Jalan Kemuning No 17, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (18/6/2015)

Djarot menginginkan orang dengan kendala masalah kejiwaan ini setelah dilakukan pembinaan diaktifkan kembali dalam kehidupan normal. Para ODMK ini perlu diterima kembali di masyarakat.

"Saya minta ini tetap diaktifkan untuk membantu di SKPD terkait sebagai PHL (Pekerja Harian Lepas), kemudian terimalah mereka kembali apa adanya," tuturnya.

Djarot menjamin pendampingan akan dilakukan bagi para ODMK ketika menjalani penugasan yang diberikan. "Mereka masih tetap terus dilakukan pendampingan. Kita harus mengisi hari-hari mereka seperti ini," tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Panti Sosial yang berada di Jakarta Barat ini, Wagub melihat aktivitas yang dilakukan para ODMK setelah terjaring di jalanan. Selain menyapa para penghuni, sempat juga bertanding tenis meja dengan satu diantara penghuni panti.

"Pelayanan panti di sini dilakukan dengan sepenuh hati, ikhlas. Saya ingin tingkatkan terus. Dulunya mereka di pinggir jalan, ada yang gimbal, enggak pernah mandi, itu tetap kita oprasi, kita taruh di sini. Ini saudara kita juga," ucapnya.

Djarot menyesalkan penangan yang kurang baik terhadap para ODMK ini masih terjadi di beberapa daerah. Menurutnya, menempatkan para ODMK ke wilayah lain agar tidak mengganggu bukan merupakan penyelesaikan masalah. "DKI tidak tidak seperti itu, kita operasi, kita tempatkan di sini, kita bina," pungkasnya.


(YDH)