Pertamina Efisiensi USD172 Juta

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 Jun 2015 13:04 WIB
pertamina
Pertamina Efisiensi USD172 Juta
Pertamina (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mencatat efisiensi melalui pelaksanaan breakthrough project perusahaan senilai USD172 juta sampai akhir Mei 2015.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengungkapkan pencapaian efisiensi tersebut di atas target untuk periode lima bulan pertama yang dipatok pada level USD168 juta. Pencapaian tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan realisasi pada kuartal I-2015 yang mencapai USD96 juta.

"Di tengah masa sulit industri migas seperti saat ini, upaya-upaya efisiensi menjadi penting untuk terus-menerus dilakukan," ungkap Wianda, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Wianda menjelaskan, Pertamina telah memiliki program besar berupa breakthrough project 2015, dan dari program tersebut ditargetkan mencapai USD479 juta. "Program tersebut selama satu tahun efisiensi ditargetkan bisa dicapai sebesar USD479 juta. Melihat perkembangan pencapaian dalam lima bulan pertama, kami optimistis target tersebut dapat dicapai," kata dia.

Lebih lanjut Wianda mengungkapkan, efisiensi terbesar diperoleh dari sentralisasi pengadaan Pertamina yaitu USD66 juta. Sentralisasi pengadaan sebelumnya dilakukan oleh korporat, unit, dan anak perusahan menjadi di Procurement Exellence Group Pertamina.

"Mengubah pola pengadaan yang sebelumnya dilakukan oleh korporat, unit, dan anak perusahaan secara terpisah-pisah, menjadi terpusat melalui Procurement Excellence Group Pertamina. Nilai efisiensi yang dicapai dengan perubahan ini telah mencapai USD66 juta," tutup dia.


(ABD)