Jokowi Terbitkan Perpres Stabilisasi Harga Kebutuhan Pokok

Desi Angriani    •    Kamis, 18 Jun 2015 13:29 WIB
kebutuhan pokok
Jokowi Terbitkan Perpres Stabilisasi Harga Kebutuhan Pokok
Jokowi bersama sejumlah menteri meninjau Gudang Beras Bulog di Kelapa Gading, Jakarta. Foto: Ant/Wahyu Putro A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Penting. Perpres yang ditandatangani tanggal 15 Juni 2015 itu bertujuan untuk menjamin ketersediaan dan stabilisasi harga barang yang beredar di pasar.

"Presiden Jokowi berharap masalah kelangkaan dan gejolak harga barang bisa diatasi dengan segera," kata anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (17/6/2015).

Dijelaskan Teten, salah satu butir Perpres menyebut adanya larangan menyimpan barang kebutuhan pokok dan barang penting di gudang ketika terjadi kelangkaan barang, gejolak harga atau ketika terjadi hambatan lalu lintas perdagangan barang.

Adapun barang kebutuhan pokok yang dimaksud adalah hasil pertanian berupa beras, kedelai bahan baku tahu dan tempe, cabe, dan bawang merah. Hasil industri berupa gula, minyak goreng, dan tepung terigu. Dan hasil peternakan dan perikanan berupa daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, ikan bandeng, kembung, tongkol, tuna, cakalang.

Sedangkan barang penting meliputi benih padi, jagung, kedelai, pupuk, gas elpiji 3 kilogram, triplek, semen, besi baja konstruksi, dan baja ringan.

"Perpers ini juga memberi kewenangan pemerintah untuk membuat kebijakan harga dengan menetapkan harga khusus menjelang, saat dan setelah hari besar keagamaan atau saat terjadi gejolak harga, harga eceran tertinggi pada saat operasi pasar, dan penetapan harga subsidi," jelas Teten.


(DOR)