Dilaporkan Hilang, Tanker Malaysia Terlihat di Thailand

Willy Haryono    •    Kamis, 18 Jun 2015 13:56 WIB
orkim harmony
Dilaporkan Hilang, Tanker Malaysia Terlihat di Thailand
Kapal Orkim Harmony yang hilang (Foto: The Star)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapal tanker milik Malaysia yang menghilang sejak 11 Juni lalu dikabarkan terlihat di perairan Thailand.
 
"Semalam sudah ditemukan oleh kapal Orion Malaysia. Sudah ada koordinatnya," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, di Ruang Palapa Kemenlu, Jakarta, Kamis (18/6/2015).
 
Malaysia pun berkoordinasi dengan otoritas Thailand. Angkatan Laut Thailand juga sudah bertolak ke titik koordinat penampakan terakhir kapal Orkim Harmony itu.
 
"Nasib ABK belum diketahui, baik yang Indonesia maupun yang lainnya," kata Arrmanatha atau akrab disapa Tata.
 
Meski belum jelas , semua ABK Orkim Harmony sudah diasuransikan pemilik kapal. Hak-hak mereka, termasuk gaji , akan dibayarkan ke keluarga atau ahli waris.
 
Pihak Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA) menyebutkan, lima pesawat sudah dikerahkan dalam pencarian. Dua pesawat merupakan milik MMEA sendiri, dua dari Angkatan Udara Malaysia dan satu dari Angkatan Laut Malaysia.
 
Kapal berbendera Malaysia itu berlayar dengan 22 kru dari tiga negara. Awak kapal terdiri dari 16 warga Malaysia, lima WNI dan seorang warga Myanmar. Pihak kementerian luar negeri memanggil Direktur PT. Yudian Unggul Indonesia sebagai agen tenaga kerja yang memberangkatkan kelima ABK itu.
 
Pihak agen pun telah menghubungi semua kerabat dari kelima ABK dan memastikan bahwa pihak perusahaan akan tetap membayarkan gaji kelima ABK selama kapal dan awak belum ditemukan. Namun demikian mengenai masalah kompensasi tambahan di luar gaji akan dibahas kemudian.



(FJR)