Efisiensi Pertamina Melalui ISC Hemat USD37 Juta

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 Jun 2015 14:44 WIB
pertamina
Efisiensi Pertamina Melalui ISC Hemat USD37 Juta
Pertamina (ANTARA FOTO,Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyatakan perubahan proses pengadaan minyak dan produk minyak dalam Integrated Supply Chain (ISC) memberikan efisiensi sebesar USD37 juta hingga akhir Mei 2015.

Vice President Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan revitalisasi telah menjadikan ISC menjadi efisien terutama dari proses tender yang menghasilkan harga yang lebih kompetitif. Wianda menjelaskan, sekarang ISC sudah tidak sepenuhnya melakukan metode pembayaran menggunakan L/C yang merepresentasikan tingkat kepercayaan seller kepada Pertamina yang tinggi.

"Perkembangan hasil efisiensi yang diperoleh ini tentu saja sangat menggembirakan karena pada umumnya telah melampaui target yang telah ditetapkan perusahaan. Hal yang harus kami tekankan bahwa breakthrough project 2015 ini merupakan bentuk respons positif dari Pertamina dalam rangka melepaskan diri dari tekanan yang sedang menimpa industri migas," jelas dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Pertamina hingga akhir Mei ini berhasil mencatat perolehan efisiensi melalui pelaksanaan breakthrough project perusahaan senilai USD172 juta. Selain melalui revitalisasi ISC, Wianda juga mengungkapkan ada beberapa project breakhtrough yang menyumbang efisiensi pada Pertamina sampai akhir Mei ini di antaranya pembenahan tata kelola dan arus minyak yang menyumbang USD64,4 juta.

Kemudian program corporate cash management yang ditujukan untuk memperbaiki pengelolaan treasury Pertamina yang membuat efisiensinya mencapai di atas target pemerintah dengan mencapai USD6,22  juta. Adapun, program optimalisasi aset penunjang usaha telah berhasil menyumbang tambahan pendapatan senilai USD2,62 juta. (MTVN/Arif W) 


(ABD)