Transfer Neymar ke Barcelona Seret Empat Klub Besar Eropa ke Pengadilan

Hilman Haris    •    Kamis, 18 Jun 2015 14:43 WIB
bursa transfer pemain
Transfer Neymar ke Barcelona Seret Empat Klub Besar Eropa ke Pengadilan
Kepindahan Neymar ke Barcelona pada 2013 menyisakan masalah (AFP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Kasus transfer Neymar ternyata belum berakhir. Saat ini, pengadilan Spanyol sedang mengusut proses transfer Neymar ke Barcelona pada 2013 dan mengumpulkan informasi dari empat klub Eropa yang disebut-sebut juga meminati sang pemain pada tahun 2009--2013.

Neymar dibeli Blaugrana pada 2013 senilai 57 juta euro (Rp925 miliar). Dalam kesepakatan itu, Barcelona diharuskan membayar 17 juta euro dan kemudian diserahkan kepada Santos selaku asal klub Neymar (55 persen), firma investasi Brasil (DIS) (40 persen), Teisa (5 persen), Sisanya sebanyak 40 juta euro juta dibayarkan kepada ayah Neymar selaku agen. 

Dalam perkembangannya, nominal itu ternyata dipersoalkan. Transfer Neymar dianggap cacat hukum karena Blaugrana diduga mengeluarkan dana lebih besar. Bahkan, sejumlah media Spanyol bernai mengklaim  Neymar dibeli dengan harga mendekati 96 juta euro (Rp1,5 triliun). 

Sejumlah pihak tidak terima andai kabar itu ternyata benar. DIS yang hanya mendapatkan 40 persen dari nilai transfer pun mengadu ke pihak berwajib karena merasa tak mendapatkan nominal sesungguhnya. 

Kasus transfer Neymar akhirnya dibahas hingga ke pengadilan. bahkan, penyelidikan makin melebar karena kini melibatkan Chelsea, Real Madrid, Bayern Muenchen, dan Manchester City. Keempat klub bakal diminta keterangan karena pernah berurusan dengan Neymar pada 2009-2013. (Football Espana)


(HIL)