Manfaat Berbicara Langsung Daripada Chatting

   •    Kamis, 18 Jun 2015 15:27 WIB
romansa
Manfaat Berbicara Langsung Daripada <i>Chatting</i>
Bicara langsung memberikan banyak manfaat. (Foto:Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Semakin berkembangnya teknologi, membuat sebagian besar orang dimanjakan dengan kecanggihannya. Kini, bahkan banyak yang memutuskan untuk mengirimkan pesan singkat dari pada berbicara langsung. 

Padahal, ada lebih banyak manfaat yang didapatkan jika melakukan komunikasi langsung daripada lewat gadget. Berikut alasan mengapa Anda harus memilih berbicara secara langsung.

- Anda akan menghindari kesalahpahaman

Sulit untuk berkomunikasi dengan jelas secara tertulis. Bahasa tubuh dan nada bicara merupakan sebuah teka-teki. Berbicara face to face tentu memudahkan pendengar untuk memberitahunya bahwa apakah Anda tulus atau Anda berbohong.

- Anda akan merasa lebih dipahami

Ekspresi wajah merupakan cara lain Anda yang dapat dipahami tentang apa yang Anda rasakan kepada orang lain. Beberapa hal ini mungkin dapat dicapai dengan beragam bentuk emoji pada teks. Tapi, bagaimana menunjukkan perasaan seperti simpati atau tertarik? Ketahuilah, bahwa wajah manusia dapat mengekspresikan lebih baik daripada tulisan singkat.

- Anda akan lebih fokus

Dengan bercakap secara langsung sama saja Anda bisa lebih fokus terhadap percakapan daripada lewat SMS. Anda juga bisa memberi tahu padanya bahwa Anda memperhatikannya dengan baik, atau Anda bisa melihat matanya secara langsung. Karena mata tidak pernah berbohong, berbeda seperti halnya lewat chatting.

- Anda bisa mendengarkan tawanya

Tertawa bisa menular pada orang lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa tertawa bisa mengurangi hormon stres dan kortisol. Berbicara langsung memungkinkan Anda untuk mudah mendapatkannya dan tentu saja baik untuk tubuh.

- Anda bisa bercakap hal yang pribadi

Lewat pesan teks mungkin hal yang Anda ingin menjadikan sebagai rahasia dengannya tidak lagi menjadi sesuatu yang rahasia. Mengapa demikian? Orang lain mungkin bisa membacanya suatu saat nanti. Sedangkan berbicara langsung bisa lebih mungkin mendapatkan privasi.

- Anda dapat mendapatkan suatu momen

Saat Anda hanya melakukan pesan singkat, maka Anda akan kehilangan momen secara fisik dan tidak menikmati suatu suasana. Komunikasi face to face, Anda juga bisa menikmati suasana berdua dengannya, apalagi jika Anda sepasang kekasih.

- Anda akan mendapatkan tanggapan langsung

Teks bisa dijawab dengan waku sampai berjam-jam, bahkan berhari-hari. Berbicara langsung menawarkan respon lebih cepat. Jadi, ketika Anda sedang berbicara tentang sesuatu yang penting, di mana Anda membutuhkan jawaban segera, maka luangkanlah waktu untuk berbicara secara tatap muka dengannya. (Sumarni/Lifehack)


(LOV)