Hakim Perintahkan Waryono dan Rudi Dikonfrontasi di Sidang Sutan

Renatha Swasty    •    Kamis, 18 Jun 2015 15:28 WIB
suap skk migas
Hakim Perintahkan Waryono dan Rudi Dikonfrontasi di Sidang Sutan
Rudi Rubiandini. Foto: Immanuel Antonius/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memerintahkan Jaksa Penuntut Umum pada KPK untuk memanggil kembali Waryono Karno dan Rudi Rubiandini. Keduanya dipanggil guna dikonfrontasi di pengadilan dengan terdakwa Sutan Bhatoegana.

"Kalau tentang Waryono dan Rudi, majelis perintahkan kepada penasihat hukum silakan diatur kalau bisa secara prosedur diupayakan mereka hadir, terutama Rudi karena di Sukamiskin supaya bisa diatur dan Waryono kan dekat," kata Hakim Ketua Artha Theresia di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Penasihat hukum Sutan Bhatoegana, Eggi Sudjana, meminta keduanya dihadirkan kembali lantaran ada penyataan yang tak sinkron antara Rudi dan Waryono. "Kaitannya lagi dengan bertabrakan pernyataan pernyataan saksi," Eggi.

Dalam dakwaan diketahui, Sutan saat menjabat Ketua Komisi VII DPR mendapatkan duit sejumlah USD140 ribu dari Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno (kini mantan dan berstatus terdakwa). Belakangan diketahui, uang yang diberikan berasal dari Kepala SKK Migas Rudi Rubiandi (kini mantan dan berstatus terpidana).

Di sidang sebelumnya, Waryono membantah mendapat uang USD140 ribu dari Rudi Rubiandi. Sementara Rudi mengaku menyerahkan uang itu. Duit diberikan lewat anak buahnya, Sri Utami.


(KRI)