Mendag: Barang Impor Tidak Ada Izin akan Dipulangkan

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 18 Jun 2015 16:32 WIB
perdagangan
Mendag: Barang Impor Tidak Ada Izin akan Dipulangkan
Illustrasi Tanjung Priok, (ANTARA FOTO,Widodo S. Jusuf)


Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Ekonomi bidang Maritim (Menko Maritim) mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan (Mendag) dan Menteri Perhubungan (Menhub). Pertemuan itu membahas perizinan dan fungsi terminal Peti Kemas.

Menteri Perdagangan Rahcmat Gobel menyampaikan barang impor yang masuk harus diperhatikan jenis barangnya dan kelengkapan perizinannya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi dwelling time (bongkar muat) terlalu lama di pelabuhan.

"Importir harus memastikan kelengkapan izin dari negara asalnya sebelum masuk ke Indonesia supaya tidak menyebabkan penimbunan barang yang berkepanjangan di terminal Peti Kemas," ungkap Gobel, saat konferensi pers di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Upaya ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi awal Terminal Peti Kemas sebagi pelabuhan bongkar muat dan bukan sebagai tempat menimbun barang impor. "Jika tidak ada izin, kita pulangkan ke negara asalnya," ungkap Rachmat Gobel.

Ia mengharapkan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi pada masa mendatang. Dia pun mengajak setiap importir dapat disiplin dalam menjalankan aturan yang ada. (MTVN/Arif W) 


(ABD)