KPK Sudah Kaji Revisi UU KPK, Siap Dilibatkan DPR

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 18 Jun 2015 16:39 WIB
revisi uu kpk
KPK Sudah Kaji Revisi UU KPK, Siap Dilibatkan DPR
Taufiequrachman Ruki. Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: KPK telah melakukan kajian terhadap rencana revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Jika diminta, KPK siap membeberkan hasil kajiannya itu.   

Plt Pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki mengungkapkan kajian dilakukan tim Biro Hukum KPK sejak satu bulan lalu. Kajian memfokuskan pada pasal-pasal yang dirasa perlu perbaikan.

"Sebulan yang lalu, karena banyaknya masalah di internal KPK, kita minta ke Biro Hukum untuk mengkaji pasal mana yang perlu penegasan, dan pasal mana yang menimbulkan friksi dengan penegakan hukum lembaga lain," kata Ruki dalam rapat dengan Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Dalam pengkajian itu, Ruki menambahkan, KPK tidak hanya melibatkan pihak internal. Namun, juga meminta keterangan sejumlah pakar hukum. Dari situ, KPK menyimpulkan banyak pasal yang multitafsir.

"Pakar satu dan lainnya berbeda pandangan, rumusan ini masih banyak yang multitafsir," ujar dia.

Ruki janji KPK akan memberikan hasil kajiannya jika diminta oleh DPR. "Karenanya, usulan ini bukan muncul dari kami. Tapi kami janji kalau KPK dilibatkan, kalau diminta memberikan kajian, kami siap," kata Ruki.


(KRI)