Perjanjian Perlindungan Investasi diharapkan Sampai kepada Jokowi pada akhir Juni

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 18 Jun 2015 17:24 WIB
investasi asing
Perjanjian Perlindungan Investasi diharapkan Sampai kepada Jokowi pada akhir Juni
Foto Sofyan Djalil, ((MI,PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah telah melakukan finalisasi draf atas Perjanjian Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) atau dikenal dengan Bilateral Investment Treaty (BIT).

Menko Perekonomian Sofyan Djalil seusai rapat koordinasi bersama Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) menjelaskan mengenai finalisasi draf yang tinggal proses penyusunan kata (wording) yang nantinya akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo untuk dikukuhkan sebagai produk hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres).

"Kalau wording sudah, nanti dikembalikan ke saya untuk di paraf lalu kita harmonisasi ke Presiden. Targetnya akhir bulan ini," terang Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2015).

Sofyan menjelaskan, dalam draft tersebut nantinya berisi mengenai bukan hanya perlindungan yang efektif pada investor di Indonesia, namun juga mengedepankan kepentingan negara agar tidak dimarjinalkan jika tersandung kasus kerjasama dengan investor asing. "Intinya investor asing yang tanam dana di Indonesia dilindungi dengan baik. Namun di saat yang bersamaan jangan sampai kita menjadi korban pengacara," katanya.

Lebih lanjut, nantinya draft ini digunakan sebagai bahan pegangan oleh semua negosiator dalam bernegosiasi dengan negara-negara lain. (MTVN/Arif. W) 


(ABD)