DPR Desak KPK Jalani Tugas Sesuai SOP dan UU

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 18 Jun 2015 18:43 WIB
kpk
DPR Desak KPK Jalani Tugas Sesuai SOP dan UU
Wakil Ketua Komisi III Bennt Kabur Harman/MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR RI mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyusun dan mematuhi standard operational procedur (SOP) dan perundang-undangan dalam menjalankan tugas agar tidak menimbulkan penyalahgunaan kewenangan dalam melakukan proses pemberantasan korupsi. DPR juga mendesak KPK dapat menyusun sistematis pencegahan korupsi yang lebih terukur di setiap Kementerian atau Pemda.

"Ini untuk mencegah dan mengurangi praktik korupsi," kata Wakil Ketua Komisi III Benny Kabur Harman saat membacakan kesimpulan rapat dengar pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Berikut poin kesimpulan RDP antara Komisi III dan KPK:

1. Sehubungan dengan rencana perubahan UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK, Komisi III meminta KPK memberikan masukan lebih detail dan komprehensif mengenai hal-hal yang perlu direvisi dalam rangka memperkuat KPK

2. Komisi III mendesak KPK menyusun dan mematuhi standard operational procedur (SOP) dan perundang-undangan lainnya dalam menjalankan tugas dan kewenangan serta melakukan peningkatan dan pengawasan internal untuk mencegah penyalahgunaan kewenangan

3. Komisi III mendesak KPK agar menyusun sistem pencegahan korupsi yang lebih terukur dan sistematis di seluruh kementerian lembaga/ badan dan Pemda guna mencegah dan mengurangi praktik korupsi.


(OJE)