Sail Tomini 2015 Upaya Pemerintah Wujudkan Pembangunan Kelautan

K. Yudha Wirakusuma    •    Kamis, 18 Jun 2015 19:41 WIB
sail tomini
Sail Tomini 2015 Upaya Pemerintah Wujudkan Pembangunan Kelautan
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani (tengah) berbincang dengan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kiri) dan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (kanan) saat menghadiri Rakor Tingkat Menteri di Jakarta, Kamis (

Metrotvnews.com, Jakarta: Agenda Sail Tomini 2015 adalah upaya pemerintah mewujudkan penguatan strategi pembangunan kelautan dan maritim. Pembangunan tersebut diutamakan untuk kawasan timur Indonesia dan pulau terpencil serta terluar.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan ‎Kebudayaan Puan Maharani usai memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait Persiapan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Ruang Rapat Utama, Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta.

"Rakor membahas perkembangan persiapan program dan kegiatan kementerian atau lembaga pada rangkaian kegiatan Sail Tomini, persiapan lokasi acara puncak, serta kesiapan dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo," jelas Puan, Kamis (18/6/2015).

Dia menuturkan, Sail Tomini melibatkan seluruh kementerian, lembaga dan pemeritah daerah, dunia usaha dan masyarakat untuk bersama-sama secara sinergis ‘Membangun Indonesia sebagai Negara Maritim yang Maju dan Mandiri’.

Penyelenggaraan Sail Tomini tahun ini juga diikuti dengan penyelenggaran Festival Budaya Boalemo.

"Festival ini salah satu upaya meneguhkan kebhinekaan bangsa Indonesia karena kebudayaan lokal diharapkan sebagai tempat bertumbuhnya bangunan budaya dan karakter bangsa Indonesia," ujar Puan.

Rakor ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala Staf Angkatan Laut Ade Supandi, Sesmenko PMK Sugihartatmo, Deputi Menko PMK Bidang Koordinasi Kebudayaan Hazwan Yunas, Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dedy H. Sutisna, serta perwakilan dari kementerian/lembaga terkait.

Acara puncak Sail Tomini, rencananya dihadiri Presiden RI, Joko Widodo dan jajaran Menteri Kabinet Kerja, akan dilaksanakan pada tanggal tanggal 19 September 2015 di Pantai Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kabupaten Parigi Mountong, Provinsi Sulawesi Tengah.


(YDH)