Waspada, Tebing di Sepanjang Pantai Gunungkidul Rawan Runtuh

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 18 Jun 2015 20:06 WIB
longsor
Waspada, Tebing di Sepanjang Pantai Gunungkidul Rawan Runtuh
Evakuasi korban longsor tebing Pantai Sadranan dihentikan. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Berwisata alam, termasuk menikmati keindahan pantai di sepanjang pesisir Gunungkidul, menjadi salah satu ketertarikan publik. Tak hanya wisatawan asal Yogyakarta, tapi dari luar.

Namun demikian, di tengah keindahan yang mampu memanjakan mata dan pikiran itu terselip bahaya yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Selain ombak yang berbahaya, juga tebing-tebing yang rawan runtuh.

"Tebing di sepanjang pinggir pantai di Gunungkidul rawan patah," kata Kapolres Gunungkidul, AKBP Hariyanto, di Pantai Sadranan di sela proses evakuasi korban reruntuhan tebing, Kamis (18/6/2015).

Ia tak bisa memastikan mengapa tebing rawan runtuh. Hariyanto menduga, hal itu tak lepas dari besarnya ombak yang hampir setiap hari menerjang pinggir tebing. "Kepolisian mengimbau wisatawan untuk menjaga keselamatan. Jangan beristirahat di bawah tebing," katanya.

Ia menyarankan di setiap lokasi wisata di sepanjang pantai di Gunungkidul terpasang imbauan untuk tidak berada di bawah tebing. Peristiwa runtuhnya tebing di Pantai Sadranan menurutnya cukup menjadi pembelajaran kehati-hatian. "Jangan sampai terjadi korban lagi," ucapnya.

Kemarin, Tebing di Pantai Sadranan runtuh sekitar pukul 13.00 WIB. Sebanyak empat orang tewas tertimpa reruntuhan. Sedangkan dua orang luka dan saat ini sedang dirawat di RSUD Wonosari Gunungkidul.



(UWA)