Pemprov Dituntut Berperan tentukan harga Jual Batu Bara

Antara    •    Kamis, 18 Jun 2015 20:17 WIB
batu bara
Pemprov Dituntut Berperan tentukan harga Jual Batu Bara
Ilustrasi (MI/SYAHRUL KARIM)

Metrotvnews.com, Palembang: Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah seharusnya mengambil peran dalam menentukan harga jual batu bara untuk memenuhi kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Uap di mulut tambang.

Hal ini karena izin usaha pertambangan sudah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi, kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sumsel, Robert Heri di Palembang, Kamis (18/06/2015).

Dia menjelaskan penentuan harga jual batu bara dilakukan pihak PT PLN dengan perusahaan pertambangan. Oleh karena itu Distamben mengusulkan agar pihaknya diikutsertakan alam penentuan harga jual batu bara ke PLTU. 

"Selama ini Distamben belum ikut andil dalam penentuan harga jual batu bara, karena kewenangan penerbitan izin usaha pertambangan baru tahun ini diserahkan ke pemerintah provinsi," ujarnya. 

Menurutnya sudah semestinya Pemerintah Provinsi Sumsel di ikutsertakan dalam penentuan harga jual batu bara produski Sumatera Selatan, katanya. Menurut dia, selama ini hanya mengetahui hasil produksi batu bara saja, sedangkan penetapan harga jualnya tidak dilibatkan.

Sebelumnya Sekda Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, pemprov belum mengetahui secara jelas teknis keterlibatan dalam penentuan harga jual batu bara.

Hal ini karena pihaknya belum membicarakan permasalahan tersebut kepada asosiasi pertambangan. Sementara itu, keikutsertaan pemerintah dalam penentuan harga jual batu bara itu, hanya berperan sebagai pengendali. (MTVN/Arif W) 
 


(ABD)