Menpan RB Tak Kesulitan Bikin Laporan untuk Presiden

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 18 Jun 2015 23:51 WIB
kabinet kerja
Menpan RB Tak Kesulitan Bikin Laporan untuk Presiden
Menpan RB Yudi Chrisnandi/MTVN/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yudi Chrisnandi sempat mengaku kaget dengan perintah Presiden Joko Widodo membuat laporan kinerja dan rencana kerja tidak lebih dua lembar kertas. Yudi mengaku bisa menyelesaikan itu dalam waktu dua hari.

"Itu suatu seni tersendiri. Harusnya tidak sulit membuat itu," kata Yudi Program Prime Time News Metro TV, Kamis (18/6/2015).

Sebagai pembantu presiden, para menteri dituntut mampu melaporkan hal-hal yang bersifat urgent dan memiliki skala prioritas utama. Dia sadar, jika diminta mendetail, ketebalan laporan bisa mencapai 200 halaman.

"Di situlah ujian yang disampaikan presiden," tambah dia.

Melalui laporan singkat, Presiden Jokowi bisa membaca semuanya dengan komprehensif dan substantif.  Sementara laporan detail, lanjut Yudi, sudah disampaikan semua menteri dalam proses kerja selama bertugas.

Presiden Jokowi secara mendadak meminta laporan tertulis kepada setiap menteri, terkait kinerja per Oktober 2014 hingga Mei 2015 setebal dua halaman. Di dalamnya, juga termasuk rencana kerja enam bulan ke depan para menteri.


(OJE)