Penghargaan Otomotif

Mesin Ford EcoBoost, Masih jadi Best Engine di Bawah 1.000 CC

Nurtjahyadi    •    Jumat, 19 Jun 2015 05:39 WIB
ford
Mesin Ford EcoBoost, Masih jadi <i>Best Engine</i> di Bawah 1.000 CC
Ford Ecoboost 1,0 liter, kembali di daulat jadi mesin terbaik dunia dengan kapasitas 1.000 cc ke bawah. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyelenggara International Engine of the Year Awards 2015 kembali menganugerahkan 'Piala Oscar' di bidang inovasi teknik mesin otomotif, kepada mesin EcoBoost tiga silinder buatan Ford. Mesin ini didaulat sebagai 'Best Engine Under 1.0-litre'.

Dengan diraihnya penghargaan ini, mesin Ford 1.0-litre EcoBoost berhasil mempertahankan gelar bergengsinya selama empat tahun berturut-turut dengan total delapan penghargaan di ajang ini.

Mesin ini dinilai masih sebagai yang terbaik di kelasnya berdasarkan kenyamanan berkendara, performa, ekonomi, kehalusan, dan teknologi oleh dewan juri yang terdiri dari 87 jurnalis otomotif, dari 35 negara.

Tahun lalu, 1.0-liter EcoBoost menjadi mesin pertama yang dinobatkan sebagai pemenang keseluruhan International Engine of the Year tiga kali berturut-turut, dan dinobatkan sebagai 'Best New Engine' pada 2012.

Ditawarkan sebagai varian tertinggi di new Ford Fiesta, mesin 1.0-liter EcoBoost pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun lalu. Saat ini Ford juga sedang menjajaki sebuah inovasi baru untuk deaktivasi silinder yang dapat membantu memberikan penyempurnaan lebih jauh dalam hal efisiensi bahan bakar.

"Mesin 1.0-liter EcoBoost menjadi game changer untuk mesin bensin kecil dan kami bangga, mesin ini tetap menjadi best-in-class. Tentunya terlepas dari semakin banyak kompetitor yang bermunculan," kata Joe Bakaj, vice president, Product Development, Ford Eropa.

Sementara itu, sistem deaktivasi silinder terbaru yang sedang mereka riset, disinyalir punya fungsi yang lebih besar dalam hal efisiensi bahan bakar, tingkat kebisingan dan getaran jadi berkurang hingga juga kinerja mesin itu sendiri.

"Bahkan untuk mesin yang diperkecil secara agresif seperti 1.0-liter EcoBoost, sebuah peningkatan signifikan dalam penghematan bahan bakar kendaraan dapat ditemukan dengan mengeksploitasi deaktivasi silinder," kata Carsten Weber, advanced powertrain manager, Ford Eropa.

Secara global, jajaran mesin Ford EcoBoost di antaranya mesin empat-silinder 1.5-liter, 1.6-liter, 2.0-liter, dan 2.3-liter, serta mesin V6 2.7-liter dan 3.5-liter. Mesin 3.5-liter EcoBoost dikembangkan untuk melengkapi all-new Ford GT supercar yang akan menandai kembali hadirnya perusahaan di arena balap Le Mans tahun 2016.


(UDA)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

4 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA