Perundingan Kedua Tim Islah Golkar Digelar Hari Ini

Antara    •    Jumat, 19 Jun 2015 07:58 WIB
golkar
Perundingan Kedua Tim Islah Golkar Digelar Hari Ini
Golkar kubu Agung Laksono bersama Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung (tiga dari kanan)/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim islah Partai Golkar akan menggelar perundingan kedua hari ini, Jumat (19/6/2015). Ini merupakan pertemuan lanjutan untuk menindaklanjuti pembicaraan sebelumnya setelah disepakati adanya islah khusus Pilkada.

"Besok (hari ini) rencananya dilanjutkan perundingan kedua," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar kubu Agung, Yorrys Raweyai, Kamis 18 Juni.

Pertemuan antarkubu Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono akan membahas petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) sebagai pegangan kader yang akan mencalonkan diri dalam Pilkada serentak akhir 2015. Juklak dan juknis mengacu pada empat poin kesepakatan bersama yang ditandatangani Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Untuk menetapkan calon, kita keluarkan juklak dan juknis. Nanti disepakati bagaimana penggunaan lembaga survei, lalu bagaimana pendanaannya," jelas Yorrys.

Sejauh ini kedua kubu telah mengeluarkan draf pokok perundingan yang berisi upaya kedua kubu terkait keikutsertaan partai beringin pada Pilkada serentak 2015. Namun, menurut Yorrys, draf pokok perundingan yang diajukan kubu Ical dinilai melenceng dari kesepakatan bersama yang ditandatangani Jusuf Kalla.

Kubu Ical dinilai membawa semangat kepengurusan DPP Partai Golkar hasil Munas Riau yang telah didemisionerkan. Atas dasar itu, Yorrys menilai akan sulit menyatukan pokok perundingan yang diajukan kedua kubu.


(OJE)