Manusia Tertua di Dunia Tutup Usia

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 19 Jun 2015 09:00 WIB
unik
Manusia Tertua di Dunia Tutup Usia
Jeralean Talley/Dailymail

Metrotvnews.com, Detroit: Manusia tertua di dunia Jeralean Talley meninggal dunia pada usia 116 tahun. Menurut Juru Bicara keluarganya, Christonna Campbell, wanita ini meninggal 26 hari setelah berulang tahun pada 23 Mei lalu. Dia meninggal di kediaman pribadinya di kawasan Inkster, Kota Detroit, Michigan.

Kematian Talley dinilai mengejutkan. Sebab, kendati menyandang rekor usia tertua, Talley dikenal sehat dan aktif bergerak. "Dia tampak berjalan-jalan di sekitar (rumahnya) pada beberapa minggu yang lalu," kata  Direktur Divisi Penelitian dan Database Supercentenarian atau peneliti manusia diatas 110 tahun, Robert Young. 

Campbell mengatakan, selama ini Talley hidup bersama soerang putrinya, Thelma Holloway. Usia sang putri sudah menginjak 77 tahun. 

Campbell menuturkan, Talley yang lahir di Georgia ini terpaksa pindah ke Michigan karena suaminya, Alfred Talley, bekerja di Ford. Pasangan ini sudah menetap di Michigan sejak 1935. Dan suaminya telah meninggal pada 1988 silam.

Talley tercatat sebagai manusia tertua di dunia setelah pendahulunya, Gertrude Weaver meninggal di usia 116 tahun di Arkansas pada April. Hal itu berdasarkan validasi yang dilakukan Kelompok Riset Gerontologi. 

Selanjutnya, rekor tertua disusul oleh Susannah Mushatt Jones dengan usia 115 tahun. Wanita ini, lahir di Alabama, dan tinggal di Pusat Senior Vandalia, Brooklyn, New York.(ANT)


(OJE)