Tips Motor

Oli di Dalam Mesin Habis? Bisa Menguap atau Bocor

Ekawan Raharja    •    Minggu, 21 Jun 2015 12:17 WIB
tips motor
Oli di Dalam Mesin Habis? Bisa Menguap atau Bocor
Oli di ruang mesin bisa habis dikarenakan menguap atau terjadi kebocoran di ruang mesin. Ravi Varma

Metrotvnews.com, Jakarta: Oli merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara. Tanpa kita sadari, terkadang oli tersebut bisa berkurang dan bahkan habis menguap.

 

Ahmad Rustadi, External Training Development PT Daya Adicipta Mustika, menyebutkan bahwa Oli bisa berkurang. Banyak penyebabnya, salah satunya adalah overheating dan oli menjadi menguap.

 

"Kendaraan jika diajak berjalan diatas empat jam, mesinnya akan sangat panas. Pada kondisi seperti ini, oli bisa menguap karena overheating," jelas pria yang akrab disapa Aru saat dihubungi melalui telepon.

 

Kondisi oli yang menguap disebabkan karena oli yang digunakan tidak sesuai peruntukannya. Sehingga oli yang seharusnya bisa mendinginkan mesin malah kinerjanya kurang maksimal.

 

Selain itu, oli bisa berkurang karena ada kebocoran di mesin. Jika oli masuk ke mesin sudah jelas pasti berkurang.

 

"Oli berkurang bisa karena masuk ke ruang bakar mesin. Cara memeriksanya gampang. Kalau ada asap putih dari knalpot, bisa jadi itu salah satu penyebabnya."


Aru pun menyarankan agar rutin memeriksakan oli setiap 2.000 kilometer. Jika oli sudah berkurang, bisa ditambahkan agar kinerja mesin tetap maksimal.


(UDA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA