7 Camilan yang Dapat Mengurangi Risiko Sakit Jantung

   •    Jumat, 19 Jun 2015 11:36 WIB
kesehatan
7 Camilan yang Dapat Mengurangi Risiko Sakit Jantung
Camilan yang sehat bisa berdampak sehat pada jantung. (Foto:watchfit.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ini berita yang bagus bagi penggemar cokelat. Memakan dua bar cokelat sehari bisa mengurangi penyakit jantung dan stroke. 

Sering konsumsi makanan manis serta berlemak memang meningkatkan risiko diabetes, kanker perut dan penyakit mematikan lainnya. Tapi, hanya makan 100 gram cokelat setiap harinya bisa mengurangi kematian yang diakibatkan penyakit jantung dan stroke. Temuan ini telah diterbitkan oleh Profesor Phyo Myint dari University of Aberdeen.

Perlu Anda ketahui juga bahwa cokelat bukanlah satu-satunya makanan ringan yang memiliki dampak mengerikan, tapi juga bisa baik untuk kesehatan Anda. 

1. Keju
Keju sumber yang kaya kalsium dan penting untuk kesehatan gigi, tulang, dan seng, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para ilmuwan menemukan bahwa memakan keju setelah makan malam bisa menetralkan asam dan merangsang aliran air liur, membantu mengurangi kerusakan gigi dan menurunkan risiko kanker mulut. Namun, keju tinggi kalori lemak, sehingga hanya boleh dimakan tidak berlebihan.

2. Anggur merah
Anggur merah berisi beberapa antioksidan seperti quercetin dan resveratrol, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Anggur dari daerah yang lebih ringan seperti Bordeaux, Burgundy, Rioja dan California Napa Valley mengandung paling banyak antioksidan.

Untuk menikmati manfaat tanpa risiko kesehatan yang berhubungan dengan pesta minuman keras, dianjurkan untuk tidak boleh minum lebih dari tiga unit per hari untuk wanita, dan maksimum empat unit untuk pria.

3. Salad penuh lemak 
Salad penuh lemak biasanya dibuat dengan minyak zaitun extra virgin oil, mengandung asam lemak omega-3 yang dikombinasikan dengan sayuran hijau Anda, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan bahkan rheumatoid arthritis.

Anda juga perlu lemak untuk membantu tubuh Anda menyerap antioksidan dan vitamin A, D, E dan K, yang ditemukan di banyak sayuran salad Anda. Tapi, ingat untuk memilih minyak daripada penuh krim.

4. Selai kacang
Kacang dan selai kacang telah dikaitkan dengan kadar kolesterol dan trigliserida, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi, perlu diingatkan bahwa menikmati mereka jangan berlebihan, terutama saat mengoleskannya pada makanan ringan.

5. Susu
Susu tidak hanya mengandung banyak vitamin A dan D, tapi lemak ekstra untuk menyerap nutrisi. Sebuah studi di Swedia menunjukkan, 19.000 wanita selama sembilan tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki satu porsi susu sehari mengurangi berat badan daripada mereka yang tidak meminum.

6. Alpukat
Buah Alpukat mungkin kaya lemak, tetapi mereka memiliki lemak mono-unsaturated yang mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Saking banyaknya, sehingga para ilmuwan di Pusat Komersialisasi Regenerative Medicine di Toronto, Kanada, sedang meneliti apakah buah bisa digunakan untuk membantu melawan leukemia.

Alpukat juga penuh dengan antioksidan, vitamin E dan beta-karoten, membantu tubuh Anda untuk lebih menyerap nutrisi dari makanan lain.

7. Kopi
Kopi dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson dan bahkan meringankan gejala sedikit bagi penderita, menurut Dr Frank Hu di Harvard School of Public Health. Bahkan, kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, asalkan Anda tidak menambahkan terlalu banyak gula untuk minuman Anda. (Sumarni/Mirror)


(LOV)