Bolehkah Berenang Saat Puasa?

Tri Kurniawan    •    Jumat, 19 Jun 2015 12:03 WIB
ramadan 2015
Bolehkah Berenang Saat Puasa?
Ilustrasi berenang. Antara Foto/Aloysius

Riri, pelajar asal Blitar

Pertanyaan: Saya suka sekali berenang untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi saya takut batal puasa jika berenang. Bolehkah berenang saat puasa? Apakah ada hukumnya?
 
Jawaban oleh M. Hidayat, pakar syariah

Jawaban sederhananya mana yang kita mau prioritaskan.

Rasulullah memang mengajarkan ke kita untuk mendidik anak minimal berenang atau berkuda. Berenang manfaatnya besar untuk stamina, keamanan juga, karena kita tidak hanya hidup di hutan tapi juga di lautan.

Namun, tentu ajaran ini tidak bertabrakan dengan ajaran syariah lainnya. Ramadan bulan yang sangat istimewa, bulan beribah. Betul memang aktivitas lain tetap dijalankan tapi kita harus jaga agar puasa tetap sah.
 
Mudah saja memadukan tetap renang dan tetap puasa yaitu mengatur ulang jadwal renang. Berenang tidak di siang hari, kan bisa setelah berbuka puasa. Sehingga keduanya bisa berjalan baik karena keduanya perintah Allah dan Rasul.

Kemudian motif dan niat. Dalam pandangan syariah, setiap urusan yang dilakukan seseorang kembali ke niat. Kalau niatnya untuk stamina, untuk lomba, atau hal baik lainnya, diharapkan niat itu tidak menggusur perintah Allah yang lain di antaranya puasa.

Prioritaskan puasa sempurna tanpa meninggalkan aktivitas lain, kalau menyebabkan puasa batal dijadwal ulang lah (puasa).
(Metro TV)


(TRK)