Modifikasi Motor

Suzuki GSX1000, Meski Buat Hobi tapi Tetap Safety

Ekawan Raharja    •    Jumat, 19 Jun 2015 16:06 WIB
modifikasi motor
Suzuki GSX1000, Meski Buat Hobi tapi Tetap <i>Safety</i>
Hadaris Samulia sukses meraih podium di ajang Piala Kakorlantas. MTVN/Ahmad garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Suzuki GSX1000 merupakan salah satu motor sport yang sangat kental dengan DNA balap. Meski diproduksi untuk pasar jalan raya, namun motor ini tetap jadi incaran empuk bagi penggila modifikasi kecepatan. Seperti yang dilakukan Hadaris Samulia Has yang tak pernah puas dengan tampilan motor Suzuki GSX1000 miliknya.

Nama Hadaris Samulia atau yang akrab disapa Alit, bisa dibilang cukup terkenal di ajang balap mobil. Tetapi geloranyan akan dunia balap membuat dia akhirnya turun ke lintasan balap dengan GSX1000.

"Dulu pas SMP saya ingin jadi pembalap motor tapi tidak bisa. Sekarang ada kesempatan, ya sudah, saya coba ikutan. Tapi ini hobi aja kok, bukan untuk jadi pembalap profesional," jelas Alit dengan nada yang sangat ramah.

Meski terbilang hobi, Alit tidak ingin keamanan ketika berkendara berkurang. Melihat performa mesin GSX 1000 yang mumpuni, pria yang juga turun di ajang kejurnas speed rally tersebut mengganti suspensi bagian belakang dengan Ohlins. Kemudian untuk suspensi bagian depan, dia menggunakan Torsion Dynamic.

Tidak hanya suspensi, bagian rem pun mendapatkan sentuhan agar keamanannya semakin terjaga. Dia mengganti master rem di motornya menggunakan merek Brambo.

Namun Alit tidak melakukan perubahan di bagian jantung pacu. Hanya saja dia mengubah pengaturan final gear box kuda besinya agar lebih moncer ketika berlari. Hasilnya, motor itu bisa menyentuh 240 kilometer per jam saat di Sirkuit Sentul meski katup gas masih tersisa.

Tongkrongan motor ini juga diubah agar semakin menarik dilihat. Berhubung motor GSX1000 miliknya hanya turun di lintasan, Alit mengganti body motornya dengan body yang biasa dipakai di lintasan balap dan menggunakan livery MotoGP 2015. Kemudian footstep pun diganti agar memberikan kenyaman ketika menungganginya.

Hasilnya dengan tunggangannya ini, pria yang juga bermain di balap drifting pun sempat meraih podium di ajang Piala Kakorlantas. Hadaris Samulia finish diurutan pertama dikelas 1.000 cc Novice.

Spesifikasi modifikasi
Suspensi Belakang: Ohlins
Suspensi Depan: Torsion Dynamic
Master Rem: Brambo


(UDA)