Ahli Konstruksi Kritik Pembangunan Gedung Baru DPRD Riau Rp40 Miliar

Fitra Asrirama    •    Jumat, 19 Jun 2015 12:10 WIB
dprd
Ahli Konstruksi Kritik Pembangunan Gedung Baru DPRD Riau Rp40 Miliar
Gedung DPRD Riau di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Metrotv/Fitra Asrirama

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Rencana pembangunan gedung baru DPRD Riau mengundang polemik. Menurut ahli konstruksi, gedung lama masih layak ditempati hingga 40 tahun lagi. Sehingga DPRD Riau tak perlu membangun gedung baru.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau berencana membangun gedung mewah bernilai Rp40 miliar untuk DPRD. Anggaran itu dialokasikan dalam APBD 2015. Rencananya, gedung mewah itu memiliki 10 lantai. Komisi D DPRD yang berwenang membahas proyek infrastruktur pun telah menyetujui perencanaan tersebut.

Namun, ahli konstruksi di Pekanbaru, Riau, mengkritik rencana itu. Ketua Asosiasi Kontraktor Konstruksi Indonesia Syakirman mengatakan kapasitas gedung lama masih memadai untuk aktivitas wakil rakyat.

Syakirman mengatakan gedung lama di Jalan Sudirman baru berusia 10 tahun. Sementara konstruksinya dirancang untuk 50 tahun. Dengan kata lain, gedung masih layak digunakan hingga 40 tahun kemudian.

"Belum saatnya dibangun. Yang lama masih dimanfaatkan. Harusnya disempurnakan," kata Syakirman, Jumat (19/6/2015).

Ia menyarankan pemerintah provinsi menggunakan anggaran untuk kebutuhan masyarakat. Misalnya, membangun SD.

Kondisi itu dianggap berbanding terbalik dengan kehidupan sebagian masyarakat di daerah Riau. Dari pantauan Metrotv, masih banyak warga yang membutuhkan bantuan pemerintahan.

Misalnya warga yang tinggal di pinggir sungai. Mereka menghuni rumah-rumah papan yang tak memenuhi syarat kesehatan. Saat abrasi terjadi, keselamatan mereka terancam.

Sementara Ketua Komisi D Erizal Muluk enggan berkomentar mengenai rencana tersebut. "Nanti tanya saja ke wakil ketua soal itu," kata Erizal.

Ia mengaku masih baru menjabat sebagai anggota DPRD. Ia mengaku komisi D belum membahas soal rencana tersebut.


(RRN)