Cara Sehat Makan Kalori Setiap Hari

   •    Jumat, 19 Jun 2015 13:10 WIB
kesehatan
Cara Sehat Makan Kalori Setiap Hari
Makan makanan banyak kalori. (Foto:faveable.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda merasa perlu menambah berat badan? Ya, salah satu cara terbaik untuk mewujudkannya yakni dengan makan makanan yang mengandung lebih banyak kalori setiap hari.

Jika Anda ingin menaikkan berat badan, berikut beberapa cara sehat untuk menambah kalori dalam setiap menu makanan Anda.

- Makan 5-6 porsi kecil setiap hari
Jika Anda biasanya tiga kali makan dalam porsi besar, ubah kebiasaan makan Anda menjadi lima sampai enam porsi kecil. Dengan cara ini, Anda dapat makan lebih banyak. Jangan tunggu sampai Anda benar-benar lapar, makanlah setiap 2 jam sehingga Anda akan mendapatkan banyak kalori.

- Tambahkan gula dan lemak alami untuk diet Anda
Tambahkan gula dan lemak alami seperti madu, minyak kelapa dan minyak zaitun pada makanan Anda. Satu sendok makan madu memiliki 50 kalori sedangkan satu sendok makan minyak zaitun memiliki 100-120 kalori.

- Fokus pada makanan padat nutrisi
Fokuskan makan Anda pada makanan yang kaya akan nutrisi seperti biji-bijian, produk susu, protein bebas lemak serta buah-buahan dan sayuran. Dengan mengonsumsi makanan ini, Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

- Makan lebih banyak daging
Daging dikemas dengan lemak alami yang dapat membantu menaikkan berat badan secara cepat. Jadi, selalu sediakan daging dan makan setidaknya satu porsi perhari.

- Hindari kalori kosong
Dengan alasan untuk menaikkan berat badan, banyak orang keliru bahwa mereka harus makan makanan yang digoreng, junk food dan makanan manis. Anda harus tahu bahwa makanan ini sama sekali tidak memiliki kalori sehingga tidak memenuhi kandungan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh Anda.

- Konsumsi snack sehat
Makanlah makanan ringan yang sehat seperti kacang-kacangan, selai kacang, buah-buahan kering dan keju setiap kali Anda merasa lapar. Makanan ringan ini memiliki lemak sehat sehingga akan menambah asupan kalori Anda.

- Minum cairan berkalori tinggi
Selain makan makanan bergizi, minum bergizi juga sangat penting. Minumlah cairan berkalori tinggi seperti smoothie biah dan milkshake dengan buah buah-buahan seperti pisang, mangga, dan alpukat.

- Gunakan piring yang lebih besar
Sebenarnya, ini adalah trik psikologi untuk membantu Anda makan lebih banyak. Makan menggunakan piring yang lebih besar memungkinkan Anda untuk memasukkan lebih banyak makanan dan itu akan membantu Anda setiap kali Anda makan. (Ningtriasih/Healthmeup)



(LOV)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA