Dukung Gerai Maritim, Aprindo Disubsidi Biayai Kontainer 55%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 19 Jun 2015 13:21 WIB
kemaritiman
Dukung Gerai Maritim, Aprindo Disubsidi Biayai Kontainer 55%
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy Nicolas Mandey mengatakan keikutsertaan anggotanya, Hypermart, dalam program Gerai Maritim merupakan dukungan terhadap progam pemerintah. Selain juga akan membantu masyakarat mendapatkan harga komoditas yang sama.

"Ini adalah pilot project pertama kalinya, dan nanti akan diikuti oleh anggota lainnya dan trayek-trayek lainnya. Keuntungannya bantu masyarakat. Harga komoditas di Jakarta bisa sama di daerah di tempat yang kita kirim," ujar dia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (19/6/2015).

Dirinya menambahkan, biaya yang diterapkan tergantung masing-masing forwarder, ada kapal perintis Pelni yang digunakan untuk Gerai Maritim. Namun begitu, pihaknya tetap diberikan subsidi oleh pemerintah.

"Kita dapat subsidi biaya pengangkutan dari pemerintah, dalam hal ini (Kementerian) Perdagangan dan Perhubungan. Per kontainer kita hanya bayar 45 persen, diskonnya 55 persen. Rp43 juta-Rp45 juta harga resmi per kontainernya," jelas dia.

Menurut dia, Aprindo sangat mendukung program pemerintah ini sebab dinilai bisa meningkatkan produktivitas pengusaha retail yang selama kuartal I menurun. Selain mengirim sembako agar bisa dinikmati masyarakat selama Ramadan, pihaknya juga akan mengirimkan barang lainnya.

"Hari ini yang dikirim beras, tepung terigu, gula, telur ayam, daging ayam, mintak goreng, mi instan, paket sembako dijual ke masyarakat. Hypermart dalam satu kesempatan akan kirim minuman bersoda. Minuman berkarbonasi di sana, di Serui, sangat dibutuhkan bahkan diperlukan, seperti Coca-Cola. Pada 6 Juli berikan barang kebutuhan pangan lainnya," pungkasnya.


(AHL)

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

45 minutes Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Pengamanan d…

BERITA LAINNYA