Anak Guru Jadi Komponen Pendaftaran Siswa Baru SMA di Solo

Pythag Kurniati    •    Jumat, 19 Jun 2015 13:45 WIB
pendidikan
Anak Guru Jadi Komponen Pendaftaran Siswa Baru SMA di Solo
Orangtua siswa menunjukkan tanda pengambilan berkas pendaftaran anaknya ke sebuah SMA di Jakarta, MI/ Ramdani

Metrotvnews.com, Solo: Pendaftaran masuk beberapa SMA di Solo, Jawa Tengah, mencantumkan komponen untuk calon siswa di tahun ajaran 2015/2016. Satu di antaranya yaitu anak guru.

Humas SMAN 1 Solo, Sofyan, membenarkan poin tersebut. Menurutnya, poin itu sudah ada dalam undang-undang yang menyebutkan guru mendapat kemudahan. Tapi syaratnya, si anak harus masuk ke sekolah tempat orangtuanya mengajar.

"Si anak tidak bisa mendapatkan kemudahan di sekolah yang berbeda dengan sekolah dimana orang tuanya berada," ungkap Sofyan kepada Metrotvnews.com, Jumat (19/6/2015).

Misalnya, kata Sofyan, anak guru SMAN 1 Solo mendapat kemudahan untuk masuk ke sekolah tersebut. "Tidak bisa anak guru SMA 1 mendapat kemudahan mendaftar di SMA 2 misalnya," tambahnya.

Hestining, 53, seorang pengajar di Kota Solo mengatakan penerapan kebijakan itu sangat membantu. "Itu kan termasuk penghargaan bagi guru dan sangat membantu sekali," kata Hestining.

Kebijakan kemudahan itu tertuang dalam Pedoman  Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2015/2016 Kota Solo. Satu di antaranya sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, seorang guru yang telah bersertifikat diberikan penghargaan dalam bentuk kemudahan bagi anaknya dalam memperoleh pendidikan.

Komponen itu ditemukan dalam proses pendaftaran SMA di Solo. Hari ini, merupakan hari terakhir pendaftaran calon siswa baru. Pengumumannya disampaikan pada 22 Juni 2015.

 


(RRN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA